6.869 Lansia di Pademangan Sudah Divaksinasi COVID-19

Senin, 05 April 2021 17:54 Reporter : Rezki Apriliya Iskandar Editor : Erikyanri Maulana 895

(Foto: Rezki Apriliya Iskandar - Beritajakarta.id)

Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi warga lanjut usia (lansia) di Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara hingga kini masih terus bergulir. Hingga kini tercatat sebanyak 6.869 lansia di kecamatan tersebut sudah divaksinasi COVID-19.

Bila membutuhkan layanan antar jemput, kami siapkan,

Camat Pademangan, Mumu Mujtahid mengatakan, pihaknya terus menggencarkan vaksinasi COVID-19 khusus lansia. Berdasarkan hasil pendataan secara riil di lapangan atau pendataan RT/RW tercatat ada sekitar 9.000 lansia di wilayah Kecamatan Pademangan.

"Pada prinsipnya semua lansia yang secara fakta berdomisili di wilayah Pademangan kami upayakan supaya ikut vaksinasi COVID-19," ujar Mumu, Senin (5/4).

Menurutnya, kendala yang dihadapi jajarannya dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19 ini di antaranya yakni disinformasi COVID-19 atau masih adanya warga yang percaya kabar atau informasi bohong yang beredar yang menyatakan vaksin COVID-19 tidak halal dan tidak aman.

"Umumnya kendala yang dihadapi adanya kabar bohong atau hoaks soal vaksin. Ada ketakutan untuk divaksin karena berita-berita hoaks. Itu yang kita harus ekstra menjelaskan ke warga bahwa isu tersebut tidak benar," tuturnya.

Pihaknya, sambung Mumu, juga bekerjasama dengan jajaran di kelurahan, Kader PKK, Dasa Wisma, LMK, FKDM serta pengurus RT dan RW untuk terus melakukan sosialisasi dan pendataan terkait vaksinasi dengan berkeliling mendatangi langsung ke rumah-rumah warga.

Mumu menambahkan, pihaknya juga menyiapkan fasilitas layanan antar jemput lansia ke Puskesmas setempat untuk divaksin COVID-19. Layanan antar jemput tersebut menggunakan kendaraan dinas operasional (KDO) dari kecamatan, kelurahan maupun Satpol PP.

"Kami mengimbau warga yang anggota keluarganya terdapat lansia supaya diikutsertakan dalam vaksinasi COVID-19. Bila membutuhkan layanan antar jemput, kami siapkan," tandasnya.