Wali Kota Jakbar Panen Padi dan Alpukat di Kembangan

Jumat, 12 Maret 2021 12:06 Wuri Setyaningsih 1281

(Foto: Wuri Setyaningsih - Beritajakarta.id)

Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto ikut memanen padi dan buah alpukat yang ditanam di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kembangan, Jalan Kembangan Raya No 76, Kembangan Utara, Jumat (12/3).

Sehingga ini dapat mencegah stunting di Jakarta Barat

Uus mengatakan, padi yang dipanen di BPP ini adalah varietas Inpari IR Nutri Zinc. Hasil yang dipanen hari ini seberat 200 kilogram gabah kering. 

"Kita hari ini panen padi varietas Inpari IR Nutri Zinc. Varietas ini mempunyai banyak kelebihan dibanding beberapa varietas lain dalam hal kandungan Zn yaitu sebesar 34,51 ppm. Sehingga ini dapat mencegah stunting di Jakarta Barat," ujarnya.

Dia menjelaskan, BPP Kembangan yang memiliki lahan seluas 2,2 hektar ini

merupakan sarana edukasi bagi pelajar maupun masyarakat yang ingin mengetahui proses pembibitan, penanaman, pemeliharaan hingga panen. Selain padi, di sini juga ditanam aneka buah-buahan dan sayur mayur.

"BPP juga bisa menjadi sarana edukasi ekosistem alam," tuturnya. 

Kasudin KPKP Jakarta Barat Iwan Indriyanto menambahkan, panen padi di BPP Kembangan dilakukan setahun dua kali.

"Setelah panen dua kali, kita ganti dengan kacang-kacangan. Tujuannya untuk memutus hama dan menjaga kesuburan tanah, serta Ph dalam tanah," bebernya.

Selain panen padi, lanjut Iwan, pihaknya juga memanen 80 kilogram alpukat cipedak hasil dari lima pohon yang ada di kawasan tersebut.

"Hasil panen kita berikan kepada pemangku kepentingan, agar mereka bisa mengedukasi warga sekitar dengan memberikan hasil nyata panen itu," pungkasnya