Donor Darah dan Pemeriksaan Mata Gratis di Kepulauan Seribu Disambut Antusias

Selasa, 09 Maret 2021 14:56 Suparni 1013

(Foto: Suparni - Beritajakarta.id)

Pelaksanaan kegiatan donor darah dan pemeriksaan kesehatan mata gratis bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Penyedia Jasa Lainnya Orang Perorangan (PJLP) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu dan warga setempat disambut antusias.

Diikuti 130 pendonor

Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi mengatakan, aksi kemanusiaan ini terealisasi melalui kolaborasi antara Pemkab Kepulauan Seribu, PMI DKI Jakarta, serta Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

"Kegiatan ini diikuti 130 pendonor dengan penerapan protokol kesehatan. Mudah-mudahan kolaborasi seperti hari ini bisa berkelanjutan menuju masyarakat Kepulauan Seribu yang sehat dan produktif," ujarnya, di lokasi pelaksanaan kegiatan, Aula Kantor Kabupaten, Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Selasa (9/3).

Menurutnya, selain donor darah dan pemeriksaan mata gratis tersebut, penyemprotan disinfektan terhadap lingkungan dan rumah ibadah oleh PMI DKI Jakarta sangat bermanfaat mencegah penyebaran COVID-19.

"Ada dampak nyata yang diberikan. Kita berharap kasus COVID-19 di Kepulauan Seribu bisa terus turun. Bahkan, tidak ada lagi," terangnya.

Ketua PMI DKI Jakarta, Rustam Effendi menuturkan, donor darah yang diprakarsai oleh anggota DPD RI tersebut merupakan bentuk kepedulian terhadap masyarakat Kepulauan Seribu, serta untuk memenuhi kebutuhan stok darah di DKI Jakarta yang setiap harinya membutuhkan sebanyak 1000-1.200 kantong darah.

"Untuk kebutuhan tersebut kita roadshow setiap hari tidak boleh berhenti berkolaborasi dengan instansi pemerintah dan swasta untuk mencukupi kebutuhan stok darah," terangnya.

Sementara itu, Ketua Komite III DPD RI, Sylviana Murni menambahkan, peserta donor darah kali ini melebihi dari yang ditargetkan yakni, berjumlah 100 orang.

"Saya bangga dan mengapresiasi kerelaan para peserta untuk mendonorkan darahnya. Selain donor darah kita juga ada pemerikasaan mata dan membagikan kaca mata gratis dari MNC peduli kepada 250 pelajar, 50 guru, 25 orang relawan PMI dan 75 lansia," tandasnya.