216 Lansia di Pademangan Sudah Divaksin COVID-19

Kamis, 25 Februari 2021 14:43 Reporter : Rezki Apriliya Iskandar Editor : Erikyanri Maulana 792

(Foto: Rezki Apriliya Iskandar - Beritajakarta.id)

Sebanyak 216 warga lanjut usia (lansia) di Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara, tercatat telah mendapatkan vaksinasi COVID-19.

Adapun target vaksinasi COVID-19 per hari sekitar 100 orang dan kami telah menyiapkan 11 vaksinator,

Kepala Puskesmas Kecamatan Pademangan Octaviana Carolina mengatakan, pihaknya telah menyiapkan segala sesuatunya agar vaksinasi COVID-19 bagi lansia berjalan aman dan lancar.

"Kalau tidak termasuk dalam kriteria aman, maka lansia tersebut tidak akan divaksin dan akan diedukasi untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Adapun target vaksinasi COVID-19 per hari sekitar 100 orang dan kami telah menyiapkan 11 vaksinator," ujar Octaviana, Kamis (25/2).

Octaviana mengimbau warga yang telah menjalani vaksinasi COVID-19 untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dalam kesehariannya. Ia pun mengingatkan pentingnya pemberian vaksin COVID-19 bagi para lansia dengan mendaftarkan diri terlebih dahulu di laman website dki.kemkes.go.id dengan persyaratan di antaranya lansia berusia di atas 60 tahun dan ber-KTP DKI Jakarta.

"Sebelum disuntik vaksin akan dilakukan skrining kesehatan terlebih dahulu untuk memastikan kondisi tubuh peserta vaksin dalam keadaan sehat. Kemudian setelah divaksin akan masuk tahapan observasi," terangnya.

Ia menambahkan, sosialisasi program vaksinasi COVID-19 masih terus dilaksanakan dengan menggunakan video dan infografis digital yang disampaikan ke Satgas COVID-19 tingkat RT/RW.

"Edukasi kepada masyarakat mengenai vaksinasi COVID-19 masih berjalan sehingga warga akan mendapat informasi lengkap dan menguatkan keinginannya untuk ikut divaksin," tandasnya.