Puluhan Kader PKK Pulau Panggang Diberi Pelatihan Pembuatan Pucuwe

Reporter : Suparni | Editor : Toni Riyanto | Selasa, 05 Januari 2021 16:00 WIB | Dibaca 694 kali
Puluhan Kader PKK Pulau Panggang Diberi Pelatihan Pembuatan Pucuwe (Foto : Suparni / Beritajakarta.id)

Puluhan kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara dilatih membuat makanan khas olahan Kepulauan Seribu berbahan dasar hasil laut, pucuwe.

"Peningkatan ketrampilan dan perekonomian keluarga "

Ketua Tim Penggerak PKK Kepulauan Seribu, Rita Susanti Junaedi mengatakan, pelatihan pembuatan pucuwe ini dikuti sebanyak 20 orang kader PKK Kelurahan Pulau Panggang.

"Tujuannya untuk peningkatan ketrampilan dan perekonomian keluarga," ujarnya, di tempat pelatihan, Aula Kantor Kabupaten Kepulauan Seribu, Selasa (5/1).

Ia berharap, dalam.pelayihan ini diberikan pelatihan pembuatan pucuwe dengan bahan utama ikan tongkol dan ikan tenggiri segar.

"Melalui pelatihan seperti ini, selain melestarikan budaya melalui pembuatan makanan olahan khas Kepulauan Seribu, juga dapat meningkatkan perekonomian sekaligus ketahanan pangan bagi keluarga," terangnya.

Ia menambahkan, pelatihan serupa akan diadakan di pulau-pulau yang memiliki makanan khas seperti stik cumi di Pulau Kelapa dan Pulau Kelapa Dua, Sukun di Pulau Untung Jawa maupun Pulau Tidung serta di pulau-pulau permukiman lainnya

"Kader PKK bisa memasarkan produknya melalui kios atau kepada wisatawan yang datang serta bisa juga bekerja sama dengan pemilik homestay sebagai makanan hidangan pembuka yang bercirikan khas Kepulauan Seribu," tandasnya.

TOP