Sudin KPKP Jakbar Gelar Pelatihan Pembuatan Suvenir Tanaman Hias

Reporter : Rudi Hermawan | Editor : Erikyanri Maulana | Selasa, 29 Desember 2020 21:00 WIB | Dibaca 992 kali
Sudin KPKP Jakbar Gelar Pelatihan Pembuatan Suvenir Tanaman Hias (Foto : Rudi Hermawan / Beritajakarta.id)

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Barat, hari ini menggelar pelatihan pembuatan suvenir tanaman hias sebagai alternatif kado spesial jelang tahun baru yang dilakukan secara virtual melalui aplikasi zoom.

" Dengan meningkatnya permintaan dan kebutuhan tanaman hias di kalangan masyarakat menjadikan penjualan tanaman hias menguntungkan,"

Kepala Sudin KPKP Jakarta Barat, Iwan Indriyanto mengatakan, pelatihan diikuti kader PKK, warga di delapan kecamatan dan 56 kelurahan. Melalui kegiatan ini diharapkan bisa menjadi alternatif selama libur serta PSBB, sehingga bisa tetap beraktivitas di rumah dan mempunyai nilai ekonomis.

"Peserta diberikan pelatihan teknik menyusun tanaman, memilih tanaman agar mudah disusun menjadi cantik, sehingga bisa menjadi hampers atau parcel," ujar Iwan, Selasa (29/12).

Ketua TP PKK Jakarta Barat, Lisniawati Kuswanto menuturkan, saat ini tren menanam tanaman hias menjadi populer di tahun 2020 dan diprediksi masih akan bertahan di tahun-tahun berikutnya. Sebab, peminat tanaman hias kian menjamur.

"Saat ini, banyak orang yang berlomba-lomba berburu tanaman hias untuk dijadikan koleksi maupun jadi peluang bisnis yang menjanjikan," katanya.

Dia menambahkan, dengan materi pelatihan yang diberikan diharapkan bisa meningkatkan pengetahuan masyarakat, khususnya kader-kader PKK di wilayah Kota Administrasi Jakarta Barat.

"Dengan meningkatnya permintaan dan kebutuhan tanaman hias di kalangan masyarakat menjadikan penjualan tanaman hias menguntungkan," tandasnya.

TOP