Taman Kelinci Bambu Apus, Wisata Edukasi Bagi Keluarga

Jumat, 20 November 2020 14:23 Aldi Geri Lumban Tobing 5038

(Foto: Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id)

Kawasan Lembang, Jawa Barat mungkin sudah terkenal dengan adanya objek wisata edukasi peternakan kelinci. Namun kini untuk warga Jakarta dan sekitarnya, tidak perlu lagi jauh-jauh untuk bisa menikmati wisata seperti itu.

Manfaat bermain dengan kelinci meningkatkan kecerdasan, kepedulian, dan sayang kepada hewan, sebagai hiburan,

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta telah membuka Taman Kelinci Bampu Apus, yang letaknya di Jalan Raya Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur.

Di tempat ini, pengunjung bisa melihat sekitar 188 kelinci dari berbagai jenis, seperti New Zealand White, Flemish Giant, Rex dan Satin.

Kepala Pusat Pelayanan Kesehatan Hewan dan Ternak (Pusyankeswannak) Dinas KPKP DKI Jakarta, Renova Ida Siahaan mengatakan, pihaknya telah mengembangkan kelinci-kelinci tersebut untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan serta suhu udara di Jakarta.

"Kelinci ini sudah hasil persilangan. Uniknya, kalau berbicara kelinci ingat Lembang dan bertahan di suhu dingin. Tapi ini sudah jadi kelinci Betawi yang bisa hidup beradaptasi dan bertahan, bahkan berkembang biak dengan suhu di Jakarta," ujar Renova, Jumat (20/11).

Warga yang ingin berkunjung ke taman ini tidak dipungut biaya masuk, alias gratis. Hanya saja karena masa pandemi, pengunjung dibatasi dan diharuskan untuk mengikuti protokol kesehatan Covid-19 yang telah ditentukan.

Seperti, untuk saat ini belum diperkenankan untuk membawa anak di bawah usia 9 tahun dan lansia di atas 60 tahun. Serta menggunakan masker dan menjaga jarak saat berada di area taman.

Warga yang ingin berkunjung ke Taman Kelinci Bambu Apus juga harus mendaftar melalui website pusyankeswanak.jakarta.go.id atau mendaftar melalui google form di https://bit.ly/3p7q6C4.

"Taman ini kita buat supaya kelinci juga ada exercise. Manfaat bermain dengan kelinci meningkatkan kecerdasan, kepedulian, dan sayang kepada hewan, sebagai hiburan, meningkatkan tanggung jawab dan memotivasi jiwa sosial serta berinteraksi bagi anak-anak," tandasnya.