RSUD Kebayoran Baru Jadi Role Model Penyelenggara Pelayanan Publik

Rabu, 14 Agustus 2019 Reporter: Maulana Khamal Macharani Editor: Toni Riyanto 6073

 RSUD Kebayoran Baru Terpilih Menjadi Role Model Penyelenggara Pelayanan Publik Tingkat Provinsi

(Foto: Maulana Khamal Macharani)

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, terpilih menjadi role model penyelenggara pelayanan publik tingkat Provinsi DKI Jakarta, dalam menyongsong Penilaian Penyelenggaraan Publik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PANRB) yang akan diumumkan sekitar bulan Oktober mendatang. 

Penilaian ini dilakukan se-Indonesia,

Direktur RSUD Kebayoran Baru, Friana Asmely menjelaskan, dipilihnya RSUD Kebayoran Baru karena sebelumnya pernah mendapatkan apresiasi sebagai Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Baik dari Kementerian PANRB di tahun 2018.

"Ini adalah untuk kedua kalinya, untuk di tingkat kota Jakarta Selatan juga kita yang dipilih, penilaian ini dilakukan se-Indonesia sesuai dengan Permen PANRB Nomor 17 Tahun 2017 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Unit Penyelenggara Pelayanan Publik," ujarnya, Rabu (14/8).

Friana menjelaskan, RSUD Kebayoran Baru telah menerapkan standar pelayanan publik dan inovasi untuk mempersingkat durasi layanan agar pasien tidak lama menunggu. Untuk standar layanan publik RSUD Kebayoran Baru ada di semua unit, mulai dari loket, humas, IGD, Radiologi hingga pemberian obat.

"Kami juga menyediakan beragam fasilitas yang tersedia bagi pasien prioritas seperti ibu hamil dan balita, lansia, penyandang disabilitas," terangnya. 

Menurutnya, terkait pemberian obat dan sistem pendaftaran pasien, saat ini RSUD Kebayoran baru telah menerapkan sistem online melalui inovasi program SIDOeL serta SILONTAR RASA BARU yang merupakan akronim dari Sistem Daftar Online dan Sistem Layanan Obat Antar RSUD Kebayoran Baru dengan tujuan memangkas waktu pelayanan. 

"Melalui layanan ini, pasien lama cukup mengisi nomor rekam medis yang ada di kartu berobat pasien dan datang ke customer support untuk memperlihatkan bukti pendaftaran online tanpa mengantri lagi di loket. Sementara, bagi pasien baru bisa langsung mengisi biodatanya pada SIDOeL sehingga saat sampai di RSUD tidak perlu lagi mengisi biodata," ungkapnya.

Ia berharap, berbekal inovasi dan standar layanan yang semakin baik, tahun ini RSUD Kebayoran Baru bisa kembali meraih prestasi dari Kementerian PANRB.

"Inovasi dan layanan publik yang baik di bidang kesehatan akan terus kami hadirkan untuk memberikan kepuasan bagi masyarakat," tandasnya.

BERITA TERKAIT
Warga Pasar Minggu Diedukasi ASI Eklusif dan Inisiasi Menyusui Dini

RSUD Jati Padang Edukasi Warga Pentingnya ASI Eksklusif

Jumat, 02 Agustus 2019 5647

RSUD Kemayoran Adakan Pembinaan Kesehatan Masyarakat dan Peringatan Hari Hepatitis Sedunia 2019

RSUD Kemayoran Buka Layanan Kesehatan di Pasar Serdang

Kamis, 01 Agustus 2019 5357

RSUD Tugu Koja Luncurkan Aplikasi E-Ladies

RSUD Tugu Koja Luncurkan Aplikasi E-Ladies

Selasa, 23 Juli 2019 6213

BERITA POPULER
Pramono Anung dan Iwan Setiawan memberikan keterangan kepada media setelah pembukaan JEF 2025

Pemprov DKI dan BI Perluas Digitalisasi Pasar di Jakarta

Sabtu, 25 Oktober 2025 3676

Seorang penumpang melakukan tap in di Halte Transjakarta Rawamangun

Pramono Minta Transjakarta Tingkatkan Layanan Sistem Pembayaran

Kamis, 30 Oktober 2025 1114

Pemprov DKI Cairkan Bansos PKD Oktober 2025

Pemprov DKI Cairkan Bansos PKD Oktober 2025

Senin, 27 Oktober 2025 2519

Pramono Ajak GAPOPIN Jalin Kerja Sama Jaga Kesehatan Mata

Pramono Ajak GAPOPIN Jalin Kerja Sama Jaga Kesehatan Mata

Rabu, 29 Oktober 2025 1044

Saluran Air di Jalan Darmawangsa IV Direvitalisasi

Saluran Air di Jalan Darmawangsa IV Direvitalisasi

Rabu, 29 Oktober 2025 1058

Bagikan ke :
BANG JAKI +indeks
POTRET JAKARTA +indeks
VIDEO +indeks