Uji Coba Layanan 112 Temukan Kendala

Sabtu, 20 Agustus 2016 Reporter: Erna Martiyanti Editor: Rio Sandiputra 3765

Ini Kendala Penerapan Layanan 112

(Foto: Ilustrasi)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat ada beberapa kendala dalam penerapan layanan nomor darurat 112. Sehingga layanan belum bisa diterapkan langsung di Ibukota. 

Kendalanya nomor 112 itu di program di semua hp. Nah hp itu berbeda dengan kartu

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatlak) BPBD DKI Jakarta, Denny Wahyu mengatakan, salah satu kendala yakni nomor 112 merupakan nomor emergency yang terprogram disemua telepon genggam yang ada di Indonesia. Sehingga semua telepon genggam bisa menghubungi nomor 112 walaupun di luar Jakarta.

"Kendalanya nomor 112 itu di program di semua hp. Nah hp itu berbeda dengan kartu. Kalau kartu kan melalui operator telepon, jadi siap pun yang menggunakan kartu bisa di protect oleh operator. Sementara 112 di program dipabrikan," kata Denny, Sabtu (20/8).

Dia menambahkan telah melakukan uji coba layanan 112 di Kecamatan Gambir. Dalam uji coba yang dilakukan ada ribuan telepon yang masuk. Namun hanya ada sekitar 10-12 panggilan saja yang menanyakan mengenai kebencanaan.

"Uji coba ada ribuan yang masuk tapi kebanyakan telepon yang masuk ke kami prank call (telepon iseng), begitu diangkat ngga ada yang jawab," ucapnya.

Kendala lainnya yakni surat keputusan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) terkait penggunaan nomor 112 baru keluar pada akhir Juli lalu. Padahal penandatanganan kerjasama dengan Kemenkominfo sudah dilakukan sejak Februari silam.

"Tapi memang kendalanya pada waktu itu, surat peraturan dari Menteri Kominfonya belum keluar. Baru keluar akhir Juli kemarin," katanya.

Namun dirinya terus berusaha untuk bisa menerapkan sistem ini secepatnya. Pihaknya juga telah menggandeng BCA untuk mempercepat penerapannya. "Kami sudah pendekatan juga dengan teman-teman BCA. Kemenkominfo akan membantu. Rapat-rapat teknis sudah kami lakukan rutin," tandasnya.

BERITA TERKAIT
Basuki Minta Sistem 112 Contek 911

Basuki Kecewa Layanan Darurat 112 Belum Bisa Digunakan

Kamis, 18 Agustus 2016 3473

DKI Uji Coba Layanan Call Center 112

DKI Uji Coba Layanan Darurat Nomor 112

Jumat, 12 Agustus 2016 5858

Korsel Siap Bantu DKI Kembangkan Smart City

Korsel Siap Bantu DKI Kembangkan Smart City

Kamis, 28 Juli 2016 5109

BERITA POPULER
Petugas memadamkan kebakaran rumah di Pondok Pinang

Kebakaran di Pondok Pinang Diduga Dipicu Korsleting

Minggu, 02 November 2025 1265

Ketua DPRD Dukung Relaksasi Pajak untuk Jaga Daya Beli Warga

Ketua DPRD Dukung Relaksasi Pajak untuk Jaga Daya Beli Warga

Minggu, 02 November 2025 1141

Seorang penumpang melakukan tap in di Halte Transjakarta Rawamangun

Pramono Minta Transjakarta Tingkatkan Layanan Sistem Pembayaran

Kamis, 30 Oktober 2025 1654

Transjakarta Menuju Smart Mobility, Fondasi Jakarta 500 Tahun

Targetkan 400 Juta Pelanggan, Transjakarta Menuju Fase Smart Mobility

Selasa, 04 November 2025 501

Pramono Beri Apresiasi dan Dorong Semangat Masyarakat Peduli Lingkungan

Pramono Beri Apresiasi dan Dorong Semangat Masyarakat Peduli Lingkungan

Selasa, 04 November 2025 449

Bagikan ke :
BANG JAKI +indeks
POTRET JAKARTA +indeks
VIDEO +indeks