Pedagang Ritel Kecil Harus Siap Bersaing dalam MEA

Rabu, 02 Desember 2015 14:53 Jhon Syah Putra Kaban 2824

(Foto: doc - Beritajakarta.id)

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat menginginkan agar pedagang kecil mendapatkan pelatihan manajemen dan pengembangan usaha lebih banyak. Ini untuk menghadapi Masyarakat Ekonomis Asean (MEA) 2016 mendatang.

Makanya harus disiapkan betul. Mengingat pertumbuhan ekonomi di skala kecil sangat berguna untuk mengurangi pengangguran dan kerawanan sosial

Menurut Djarot, dengan pelatihan yang lebih banyak, pedagang mikro kecil bisa mengembangkan usahanya. Karena dalam MEA dibutuhkan inovasi dan pengetahuan lebih untuk memiliki daya saing jual.

"Makanya harus disiapkan betul. Mengingat pertumbuhan ekonomi di skala kecil sangat berguna untuk mengurangi pengangguran dan kerawanan sosial," ujarnya saat membuka ‎Pelatihan Manajemen Ritel Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Rabu (2/12).

Menurutnya, saat masuknya MEA nantinya seluruh ritel yang ada di Asean akan bebas membuka cabang di Jakarta. Sehingga kesiapan pengusaha kecil harus terus ditingkatkan.

"Makanya kita mau dari pedagang besar mensuplai barang dengan harga lebih rendah pada toko kelontong. Sehingga bisa dijual sama dengan harga yang ada di toko ritel," tandasnya.