Puji Layanan RSUD Cengkareng, Pramono: Bisa Jadi Role Model

Kamis, 16 Oktober 2025 Reporter: Dessy Suciati Editor: Erikyanri Maulana 169

Pramono menyapa sejumlah pasien di RSUD Cengkareng

(Foto: Reza Pratama Putra)

Gubernur DKI Jakarta, Pramono Anung meninjau layanan dan fasilitas RSUD Cengkareng di Jakarta Barat pada Kamis (16/10).

"Ini menjadi role model bagi rumah sakit lain,"

Dalam kunjungannya, Gubernur memuji fasilitas dan kualitas pelayanan di rumah sakit milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tersebut, termasuk adanya layanan Patient Experience Officer atau Ruang Tunggu Prioritas khusus lansia dan penyandang disabilitas.

"Begitu masuk RSUD Cengkareng, terus terang, ini salah satu rumah sakit yang dimiliki oleh Pemerintah Daerah Jakarta yang menurut saya salah satu yang terbaik. Karena fasilitasnya cukup baik, pelayanannya baik, bahkan mereka menerapkan apa yang disebut dengan Patient Experience Officer," ujar Pramono.

Pramono mengaku terkesan dengan fasilitas yang disediakan, termasuk adanya kamar dengan tipe President Suite. RSUD Cengkareng ini, kata dia, memiliki 500 kamar yang hampir semuanya penuh.

Menurut Pramono, pelayanan di RSUD Cengkareng yang dinilainya sudah sangat baik ini akan menjadi role model bagi rumah sakit daerah lainnya. Sehingga masyarakat yang membutuhkan pertolongan bisa mendapatkan berbagai kemudahan.

Kualitas layanan RSUD Cengkareng yang sangat baik ini juga disampaikan oleh para pasien saat berbincang dengan Gubernur Pramono.

"Terutama kepada pasien-pasien yang menggunakan kursi roda dan sebagainya, mereka sangat terbantu dan mereka berterima kasih sekali dan mereka menyatakan rumah sakit ini pelayanannya baik sekali. Maka untuk itu nanti Bu Ani, ini menjadi role model bagi rumah sakit lain supaya bisa melakukan yang sama," kata Pramono.

Selain itu, Gubernur juga memberikan izin kepada Kepala Dinas Kesehatan untuk meningkatkan layanan eksekutif di rumah sakit ini. Ia meminta kualitas pelayanan yang sudah sangat baik ini agar terus dipertahankan.

"Karena ini tempat yang sangat baik, rumah sakit yang bisa memanfaatkan peluang ketika Covid kemarin dan sampai sekarang Alhamdulillah termasuk yang rumah sakit baik sekali," ungkapnya.

Sedangkan terkait pengembangan fasilitas rumah sakit di Jakarta, Pramono menyampaikan bahwa Pemprov DKI saat ini tengah melakukan perbaikan kualitas dan layanan rumah sakit.

"Memang kami sedang melakukan perbaikan, termasuk mudah-mudahan dulu yang belum terselesaikan sekarang saya akan kejar untuk diselesaikan dan nanti akan kita bangun rumah sakit tipe A di Jakarta," kata dia.

Sementara itu, Direktur RSUD Cengkareng, Lysbeth Regina Pandjaitan menambahkan kehadiran petugas Patient Experience Officer untuk membantu pasien saat mendaftar atau membutuhkan bantuan mobilitas, seperti kursi roda.

"Kami memiliki PO, singkatannya adalah Patient Experience Officer. Ide ini muncul ketika saya datang, saya melihat orang-orang kebingungan datang untuk mendaftar dan orang-orang dengan kursi roda, mereka ada di mana-mana. Sehingga kami memutuskan untuk membuat layanan tersebut," jelasnya.

Para petugas Patient Experience Officer tersebut merupakan pegawai RSUD Cengkareng yang sudah mendapatkan pelatihan untuk memberikan layanan terbaik kepada pasien. Meski demikian, ia menegaskan bahwa semua pasien adalah prioritas bagi RSUD Cengkareng.

BERITA TERKAIT
Renovasi Gedung RSUD Kepulauan Seribu

Renovasi RSUD Kepulauan Seribu Capai 44 Persen

Kamis, 18 September 2025 937

Petugas Hiperkes melakukan pemeriksaan kualitas udara lingkungan kerja

Pusat Hiperkes dan KK DKI Jakarta Teregistrasi Sebagai Laboratorium Lingkungan

Kamis, 16 Oktober 2025 185

Cuaca Jakarta Masih Normal

Pramono Sebut Cuaca Jakarta Masih Normal

Rabu, 15 Oktober 2025 318

RSUD Cengkareng Hadirkan Pelayanan Kesehatan Komprehensif

RSUD Cengkareng Hadirkan Pelayanan Kesehatan Komprehensif

Jumat, 21 Juni 2024 1138

Gubernur Pramono memberikan keterangan pers setelah menerima Delegasi Bisnis AS

Pramono Terima Delegasi Bisnis AS, Bahas Penguatan Investasi

Rabu, 15 Oktober 2025 398

BERITA POPULER
Pengunjung sedang melihat stan Dinas Parekraf DKI di Event WITF & SEABEF 2025

Jakarta Perkuat Promosi Pariwisata di Ajang Internasional WITF & SEABEF 2025

Sabtu, 11 Oktober 2025 1526

Prosedur Pemindahan Pedagang Pasar Barito

Prosedur Pemindahan Pedagang Pasar Barito ke Sentra Fauna Kembali Dilakukan

Rabu, 15 Oktober 2025 686

Proses pemadaman api di lokasi kebakaran oleh petugas gulkarmat

80 Personel Gulkarmat Berhasil Padamkan Kebakaran di Papanggo

Sabtu, 11 Oktober 2025 1471

Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyampaian Laporan Tahap Produksi

Pemprov DKI Sosialisasikan Kewajiban Pelaporan Industri Kecil

Rabu, 15 Oktober 2025 654

Uji coba wisata malam Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Sabtu (11/10)

Wisata Malam TMR Diminati Masyarakat

Senin, 13 Oktober 2025 910

Bagikan ke :
BANG JAKI +indeks
POTRET JAKARTA +indeks
VIDEO +indeks