Pemkot Jakut Komitmen Tingkatkan Kualitas Layanan Publik

Senin, 07 Agustus 2023 Reporter: Budhi Firmansyah Surapati Editor: Budhy Tristanto 3518

 Pemkot Jakut Terima Tim Penilai Kepatuhan Penyelenggaraan Layanan Publik

(Foto: Budhi Firmansyah Surapati)

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan publik, di antaranya dengan membentuk tim pelaksana survei kepuasan masyarakat.

Secara rutin, tim melakukan monitoring dan evaluasi minimal setiap dua bulan sekali

Hal ini ditegaskan Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim, saat menerima Tim Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik 2023 Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan di DKI Jakarta, Senin (7/8) di Ruang Fatahillah Kantor Wali Kota.  

Dikatakan Ali, pihaknya telah menerbitkan SK nomor E. 0066 tahun 2022 tentang tim pelaksana pengendalian dan evaluasi pelayanan publik, sebagai salah satu bentuk keseriusan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.  

Dijelaskan Ali, berdasarkan surat keputusan tersebut secara teknis tim yang dibentuk melakukan pembinaan di unit layanan publik, mulai dari tingkat kota hingga kelurahan.

"Secara rutin, tim melakukan monitoring dan evaluasi minimal setiap dua bulan sekali," kata Ali.  

Selain itu, lanjut Ali, pihaknya juga telah menyelenggarakan sarana pengaduan dan konsultasi pelayanan publik yang terintegrasi.

Dicontohkannya, Unit PM PTSP memiliki inovasi konsultasi perizinan layanan telekomunikasi (KOPILATE), Suku Dinas Sosial dengan inovasi rehabilitasi online (REHSOLINE) dan Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan inovasi sistem informasi kependudukan dan pencatatan sipil melalui link (SIKELINK).

Lalu, Sudin Pendidikan Wilayah I Jakut memiliki inovasi SILADU (Sistem Layanan Terpadu), Sudin Pendidikan Wilayah II dengan SIPERAH (Sistem Pelayanan Pendidikan Ramah, Amanah, dan Handal), Puskesmas Kecamatan Penjaringan dengan E-CATIN (Pendaftaran Online Pemeriksaan Kesehatan Calon Pengantin), dan Puskesmas Kecamatan Tanjung Priok yang mempunyai inovasi KETAPANG KUNING (Ketahanan Pangan Keluarga Atasi Stunting).

Menurutnya, berbagai upaya tersebut telah meningkatkan pelayanan publik di Jakarta Utara menjadi lebih baik dan kepercayaan masyarakat semakin meningkat. Hal itu ditandai perolehan nilai indeks kepuasan masyarakat dengan predikat sangat baik dan menjadi salah satu yang terbaik di Provinsi DKI Jakarta.

"Kami berharap kehadiran tim bisa memberikan masukan positif, agar unit semakin menyempurnakan layanan sehingga bisa memberi manfaat lebih," tegasnya.

Asisten Ombudsman RI, Turut Tarida Widyaningrum mengatakan, pihaknya akan bertugas selama tiga hari di wilayah Jakarta Utara untuk memastikan pelayanan publik berjalan dengan baik.

Dia juga mengapresiasi komitmen dan kerja keras dari jajaran Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara dalam melakukan berbagai perbaikan, untuk meningkatkan pelayanan publik.

"Untuk itu, kami butuh komitmen dari semua untuk sama-sama mempermudah simplifikasinya ke masyarakat," tandasnya.

BERITA TERKAIT
Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Layanan Publik 3 OPD di Jakut Rampung

Tiga OPD di Jakut Rampungkan Monev Kinerja Layanan Publik

Kamis, 27 Juli 2023 3629

 RW di Pegangsaan Dua Digitalisasikan Layanan Publik bagi Warga

RW 12 Pegangsaan Dua Kembangkan Layanan Publik

Kamis, 22 Juni 2023 2092

Pemprov DKI Jakarta dan Pemprov Bali Sepakati Kerja Sama Pengembangan Pelayanan Publik

Pemprov DKI Jakarta dan Pemprov Bali Sepakati Kerja Sama Pengembangan Pelayanan Publik

Senin, 10 Juli 2023 3686

BERITA POPULER
Pemkot Jakut Bantu Perketat Pengawasan Rusunawa Marunda

Pemkot Jakut Bantu Perketat Pengawasan Rusun Marunda

Jumat, 21 Juni 2024 469403

Dishub Gandeng Waze Luncurkan Fitur Navigasi Ganjil Genap

Dishub Gandeng Waze Luncurkan Fitur Navigasi Ganjil Genap

Kamis, 19 Oktober 2017 309019

 Libur Natal, 36.871 Pengunjung Padati TMII

TMII Dipadati Pengunjung

Jumat, 25 Desember 2015 284655

Siswa di Jakut Tebarkan Optimistis Sintas COVID 19 Melalui Puisi

Siswa di Jakut Tebar Optimistis di Tengah COVID- 19 Melalui Puisi

Rabu, 15 April 2020 261338

Basuki akan Bongkar Reklamasi PT KCN

Basuki akan Bongkar Reklamasi PT KCN

Jumat, 15 April 2016 196896

Bagikan ke :
BANG JAKI +indeks
POTRET JAKARTA +indeks
VIDEO +indeks

Hitung Mundur 22 Juni 2027

842
Hari
09
Jam
40
Menit
29
Detik