Kawasan TMII Disemprot Disinfektan

Reporter : Nurito | Editor : Erikyanri Maulana | Senin, 13 Juli 2020 12:04 WIB | Dibaca 510 kali
Kawasan TMII Disemprot Disinfektan (Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Untuk memberikan keamanan dan kenyamanan pengunjung, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta bersama pengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII) melakukan penyemprotan di kawasan wisata tersebut. Ini juga dilakukan sebagai upaya mencegah penyebaran Coronavirus Disease 2019 (COVID-19).

"Ada 60 personel yang kami kerahkan dalam penyemprotan kali ini, "

Sebanyak 12 mobil pemadam kebakaran (damkar) berkapasitas 4.000 liter dikerahkan untuk melakukan penyemprotan di objek wisata seluas 130 hektare tersebut. Selain itu 20 sprayer atau alat semprot gendong juga digunakan dalam penyemprotan kali ini. Seluruh jalan, anjungan provinsi, museum, kantor pengelola dan gedung utama Sasono Langgeng Budoyo jadi sasaran lokasi penyemprotan.

Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Satriadi Gunawan mengatakan, kegiatan ini dilakukan menindaklanjuti permohonan dari pengelolaa TMII.

"Ini sudah yang keempat kalinya kami melakukan penyemprotan disinfektan di kawasan TMII. Ada 60 personel yang kami kerahkan dalam penyemprotan kali ini," ujar Satriadi Gunawan, Senin (13/7).

Dikatakan Satriadi, penyemprotan disinfektan salah satu bagian dari upaya dan pelayanan masyarakat di tengah kondisi pandemi COVID-19 seperti saat ini.

"TMII ini merupakan ikon objek wisata nasional, makanya kami bantu melaksanakan sterilisasi dan disinfektan untuk pencegahan COVID-19," katanya.

Direktur Utama TMII, Tanry Balilamo menambahkan, pihaknya berterima kasih kepada Pemprov DKI dan Dinas Gulkarmat yang telah melakukan sterilisasi di kawasan wisata TMII. Menurutnya, selama ini penyemprotan secara mandiri juga rutin dilakukan pihaknya terutama di area museum.

"Di masa pandemi ini kami terus menerapkan protokol kesehatan secara optimal. Kami juga terus ingatkan pengunjung agar wajib mematuhi protokol kesehatan selama berada di area TMII," tandasnya.

TOP