Kesehatan Hewan Kurban di RPH Cakung Diperiksa

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Kamis, 09 Juli 2020 18:22 WIB | Dibaca 469 kali
Kesehatan Hewan Kurban di RPH Cakung Diperiksa (Foto : Aldi Geri Lumban Tobing / Beritajakarta.id)

Petugas dari Pusat Pelayanan Kesehatan Hewan dan Ternak (Pusyankeswannak) Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta melakukan pengawasan kesehatan hewan kurban di Rumah Potong Hewan (RPH) Cakung, Jakarta Timur.

" Semua hewan kurban sehat"

Pengawasan meliputi serangkaian kegiatan seperti, penerapan kesejahteraan hewan di tempat penampungan, pemeriksaan kesehatan hewan kurban, dan juga penerapan protokol kesehatan sesuai SE Kadis KPKP Nomor 44 Tahun 2020 tentang Pengendalian Penampungan, Penjualan dan Pemotongan Hewan Kurban Pada Masa Pandemi COVID-19.

Kepala Pusyankeswannak, Renova Ida Siahaan mengatakan, pihaknya melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap 1.102 ekor hewan kurban di 16 lokasi tempat penumpangan atau pejualan hewan kurban yang berada di RPH Cakung.

"Ada 18 petugas yang kita kerahkan. Berdasarkan hasil pemeriksaan semua hewan kurban dinyatakan dalam keadaan sehat. Pemeriksaan kesehatan hewan kurban akan terus dilakukan sampai dengan 3 Agustus mendatang," ujarnya, Kamis (9/7).

Nova menjelaskan, selain secara klinis, pemeriksaan kesehatan hewan kurban juga dilakukan secara laboratoris dalam rangka surveilans penyakit anthrax.

"Hasil pengujian sebanyak 212 sampel preparat ulas darah atau PUD dinyatakan negatif anthrax," terangnya.

Ia menambahkan, sebanyak 18 orang petugas pengawas dibagi menjadi enam tim. Setiap tim beranggotakan dokter hewan, laboran, dan perawat ternak. Selain di RPH, pengawasan akan dilakukan di seluruh tempat penampungan hewan kurban untuk melakukan pengambilan sampel tanah dan PUD.

"Petugas juga akan melakukan pengawasan penerapan protokol kesehatan di tempat penampungan hewan kurban itu," tandasnya.

TOP