Sudin LH Kepulauan Seribu Bagikan 113 Karung Sampah Pilah

Reporter : Suparni | Editor : Budhy Tristanto | Kamis, 09 Juli 2020 12:22 WIB | Dibaca 399 kali
Sudin LH Kepulauan Seribu Bagikan 113 Karung Sampah Pilah (Foto : Suparni / Beritajakarta.id)

Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Kepulauan Seribu, membagikan 113 karung sampah pilah kepada warga pemilik warung di Kelurahan Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan.

"Karung sampah pilah dibagikan ke seluruh warung yang ada di empat RW di Pulau Tidung. "

Kepala Sudin LH Kepulauan Seribu, Djoko Rianto Budi Hartono mengatakan, pihaknya melakukan hal ini untuk mengedukasi warga agar melakukan pemilahan sampah sejak dari sumbernya.  

"Karung sampah pilah dibagikan ke seluruh warung yang ada di empat RW di Pulau Tidung. Ini untuk mengedukasi agar pemilik warung melakukan pemilahan sampah sejak dari sumbernya," ujarnya, Kamis (9/7).

Dijelaskan Djoko, nanti petugas kebersihan akan mengambil sampah yang sudah terpilah setiap tiga atau tujuh hari sekali, tergantung volume sampah.  

"Paling cepat tiga hari dan paling lambat seminggu kita ambil untuk dipilah lagi di bank sampah," terangnya.

Sampah yang berhasil dikumpulkan bank sampah berupa sampah plastik atau kemasan yang bisa dimanfaatkan dari empat RW di Kelurahan Pulau Tidung, setiap harinya mencapai lima hingga 22 kilogram.

"Oleh petugas 3R biasanya sampah plastik dibuat ekobrick atau hiasan daur ulang selebihnya dikumpulkan untuk dijual lagi ke pengepul," tandasnya.

TOP