DKI Juara Lomba Video Proses KBM dari Rumah Tingkat Nasional

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Jumat, 15 Mei 2020 09:46 WIB | Dibaca 838 kali
DKI Juara Lomba Video Proses KBM dari Rumah Tingkat Nasional (Foto : / Beritajakarta.id)

Dunia pendidikan di Provinsi DKI Jakarta berhasil meraih prestasi membanggakan dengan menjadi Juara I dalam lomba Video proses KBM dari Rumah Tingkat Nasional.

" Salut untuk mereka"

Dalam lomba yang diselenggarakan oleh P4TK TK dan PLB Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI tersebut, Tenaga Pendidik Taman Kanak-kanak Luar Biasa (TKLB) SLB-A Pembina Tingkat Nasional Jakarta Selatan, Anisya Yurmaniar meraih Juara I Lomba Video Proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dari Rumah untuk Guru TK dan PLB.

Tidak hanya itu, Tenaga Pendidik SLB Negeri 6 Jakarta Barat, Wahyu Rinaningsih berhasil meraih Juara III pada lomba tersebut. Keduanya, berhasil menjadi Juara I dan Juara III setelah unggahan video kegiatan KBM dari rumah yang diunggah di media sosial paling banyak disukai.

Kepala Seksi Kelembagaan dan Sumber Belajar Bidang SD dan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK) Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Suryani mengatakan, dari hasil seleksi dan penjurian terhadap ratusan peserta terpilih 15 video terbaik yang tiga diantaranya berasal DKI Jakarta.

"Sebanyak 15 video terbaik ini diposting di media sosial Instagram dan Facebook, P4TK lalu memberi kesempatan untuk sebanyak-banyaknya meraih like dari penonton. Alhamdulillah, TKLB SLB-A Pembina Tingkat Nasional ini meraih sekitar 965 like di Instagram dan 1.002 di Facebook," ujarnya, Jumat (15/5).

Suryani mengaku bersyukur dan bangga dengan semangat, inovasi, dan kreativitas tenaga pendidik dalam memberikan pembelajaran jarak jauh atau home learning kepada peserta didik yang memiliki keterbatasan.

"Salut untuk mereka karena bisa memberikan dan meramu pembelajaran, lalu mengemas itu dalam satu video pembelajaran yang sangat menginspirasi. Mudah-mudahan kita semua yang menonton bisa terinspirasi dari video ini," ungkapnya.

Menurutnya, melaksanakan kegiatan belajar mengajar di sekolah luar biasa tidak mudah. Terlebih, dengan penerapan belajar di rumah selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tentu menjadi tantangan luar biasa bagi guru. Maka itu, inovasi dan kreativitas para pendidik menjadi penting agar materi pembelajaran dapat diterima peserta didik dengan baik dan menyenangkan.

"Tentunya guru harus mengerti teknik memberikan materi pembelajaran sehingga pembelajaran bisa bermakna untuk anak-anak kita. Ini memerlukan inovasi dan kreativitas yang sangat luar biasa. Saya apresiasi sekali, mudah-mudahan dengan home learning yang menyenangkan anak-anak kita tetap betah berada di rumah sampai pandemi COVID-19 ini berakhir,” tandasnya.

TOP