Pejabat Pemkot Jakut Disosialisasikan Sensus Penduduk 2020

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Andry | Selasa, 18 Februari 2020 22:09 WIB | Dibaca 647 kali
Pejabat Pemkot Jakut Disosialisasikan Sensus Penduduk 2020 (Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)

Puluhan pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara disosialisasikan Sensus Penduduk tahun 2020. Sosialisasi digelar Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta di Ruang Pola Kantor Wali Kota Jakarta Utara.

" Kami siap menyukseskan Sensus Penduduk 2020 ini"

Kepala BPS DKI Jakarta, Buyung Airlangga mengatakan, Sensus Penduduk Online (SPO) telah dimulai sejak Sabtu (15/2) lalu. Sosialisasi hari ini dilakukan untuk mengedukasi Aparatur Sipil Negara (ASN) mengenai cara mengisi data diri secara daring (online).

"Masyarakat sudah mulai bisa mengisi sensus penduduk dengan mandiri secara online. Diharapkan semakin banyak masyarakat yang terlibat," ujarnya, Selasa (18/2).

Menurut Buyung, sensus penduduk ini sangat penting untuk mendapatkan jumlah penduduk berikut dengan komposisi struktur usia dan jenis kelamin per tahun 2020. Hasil sensus ini ke depannya akan disatukan dengan data kependudukan milik Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Dengan begitu tidak ada lagi selisih penghitungan jumlah penduduk di Indonesia," katanya.

Ia mengharapkan, melalui sosialisasi ini, seluruh ASN yang bertugas di Jakarta Utara, terutama camat dan lurah turut serta menginformasikan kepada masyarakat. Apalagi dengan adanya sistem SPO yang dapat mempermudah dan menjaga privasi data masyarakat.

"Jika tidak mengisi secara online nanti akan ada petugas kami yang mendatangi warga untuk wawancara. Pelaksanaannya 1 Juli sampai 31 Juli 2020," katanya.

Wali Kota Jakarta Utara, Sigit Wijatmoko mengimbau para lurah agar mengeluarkan surat edaran kepada pengurus RT/RW. Bila perlu, menggelar sosialisasi dan praktek langsung mengisi data kependudukan secara online bersama masyarakat.

"Kami siap menyukseskan Sensus Penduduk 2020 ini," tandasnya.

TOP