Pelatihan IKM di Jakbar Ditarget Diikuti 2.240 Peserta

Reporter : Rudi Hermawan | Editor : Erikyanri Maulana | Jumat, 14 Februari 2020 13:36 WIB | Dibaca 400 kali
Pelatihan IKM di Jakbar Ditarget Diikuti 2.240 Peserta (Foto : Rudi Hermawan / Beritajakarta.id)

Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Sudin PPKUKM) Jakarta Barat akan menggelar pelatihan Industri Kecil Menengah (IKM) mulai Maret 2020. Ditargetkan sebanyak 2.240 peserta dapat mengikuti program tersebut.

" warga yang ingin mengikuti pelatihan ini silahkan daftar ke RW, kelurahan atau kecamatan,"

Kepala Sudin PPKUKM Jakarta Barat, Nuraini Sylviana mengatakan, ada tiga jenis pelatihan insudtri yang dilaksanakan tahun ini yakni, makanan, kerajinan dan fesyen. Program ini bertujuan menumbuhkan wirausaha baru sehingga diharapkan tercipta lapangan pekerjaan.



"Kami sudah melakukan sosialisasi. Jadi, warga yang ingin mengikuti pelatihan ini silahkan daftar ke RW, kelurahan atau kecamatan. Cukup membawa fotokopi KTP dan KK DKI Jakarta serta belum pernah mengikuti pelatihan sejenis di manapun," ujar Nuraini, Jumat (14/2).

Dijelaskan Nuraini, pelatihan industri makanan di antaranya akan diajrkan cara membuat kue. Sedangkan di bidang fesyen akan diajarkan cara membuat baju. Sedangkan pelatihan kerajinan akan diajarkan cara membuat tas, keranjang serbaguna serta tempat tisu. Pelatihan rencananya akan digelar di delapan kantor kecamatan se-Jakarta Barat.

Ditambahkan Nuraini, untuk pelatihan makanan nantinya terdiri dari tiga gelombang. Sedangkan fesyen dan kerajinan ada dua gelombang di mana setiap gelombang digelar selama empat hari dengan jumlah peserta 40 orang.



"Pelatihan akan digelar sampai Agustus mendatang. Targetnya ada 2.240 orang," tandasnya.



TOP