Siapkan Stok Beras, Food Station Tanam Padi Bersama Petani Indramayu

Reporter : Wuri Setyaningsih | Editor : Budhy Tristanto | Rabu, 08 Januari 2020 14:29 WIB | Dibaca 287 kali
Siapkan Stok Beras, Food Station Tanam Padi Bersama Petani Indramayu (Foto : Wuri Setyaningsih / Beritajakarta.id)

Bersama mitranya para petani di Desa Kongsijaya, Kecamatan Widasari, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, PT Food Station Tjipinang Jaya melakukan penanaman padi di lahan seluas 1.000 hektare.

"Tujuan lainya untuk menyiapkan stok beras bagi warga Jakarta, "

Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya, Arief Prasetyo Adi mengatakan, tujuan penanaman bersama ini selain untuk persediaan stok beras di Jakarta, sekaligus memastikan kepada para petani bahwa pihaknya akan membeli beras mereka dengan harga yang baik.  

"Kita membantu masyarakat daerah sentra produksi dan memastikan kita akan beli dengan harga yang baik. Tujuan lainya untuk menyiapkan stok beras bagi warga Jakarta," ujar Arief, Rabu (8/1).

Dengan luas lahan 1000 hektare, Arief memperkirakan, per-hektarenya  dapat memproduksi 6-7 ton dengan masa panen selama 90 hingga 105 hari atau untuk periode April sampai Desember nanti.

"Ada empat varietas padi yang ditanam, yaitu Varietas IR 64 dan Mentik Wangi masing-masing seluas 250 hektare, Varietas Muncul di lahan 400 hektare dan Varietas Bawor 9 seluas 100 hektare," ungkapnya.  

Arief menjelaskan, secara simbolis menanam bersama telah dilakukan pada Selasa, (7/1) kemarin, seluas lima hektare untuk Varietas Bawor 9.

"Dalam menanam bersama di wilayah ini, petani yang terlibat mencapai 3.415 orang," imbuhnya.

Ketua Koperasi Malai Padi Indramayu, Eeng mengungkapkan, para petani sangat antusias melakukan penanaman karena hasil panennya dijamin sudah ada yang beli.

Menurut dia,  kerja sama penanaman padi ini merupakan contoh yang baik dalam membantu peningkatan kesejahteraan petani melalui jaminan pasar bagi produk pertanian yang mereka hasilkan.

"Baru kali ini bagi petani ada yang bisa menjamin membeli panen yang dihasilkan," tandasnya.

TOP