Warga Pulau Panggang Dilatih Membuat Makanan Olahan

Reporter : Suparni | Editor : F. Ekodhanto Purba | Rabu, 11 Desember 2019 13:44 WIB | Dibaca 444 kali
Warga Pulau Panggang Dilatih Membuat Makanan Olahan (Foto : Suparni / Beritajakarta.id)

Sebanyak 30 warga Kelurahan Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara diberikan pelatihan membuat makanan olahan dari rumput laut oleh rumah kreatif mitra BUMN bersama Unit Kerja Teknis (UKT) 2 Kepulauan Seribu.

" Harapannya pelatihan ini bisa meningkatkan kreativitas dan pertumbuhan ekonomi serta kesejahteraan warga,"

Kepala Seksi UMKM dan Koperasi UKT 2 Kepulauan Seribu, Mardiastuti mengatakan, pelatihan yang digelar di RT 01/05 Pulau Pramuka tersebut untuk meningkatkan kompetensi dan kreativitas warga dalam mengolah serta memanfaatkan hasil laut.

"Harapannya pelatihan ini bisa meningkatkan kreativitas dan pertumbuhan ekonomi serta kesejahteraan warga," ungkapnya, Rabu (11/12).

Menurutnya, jika hasil laut seperti rumput laut yang saat ini sedang berkembang di Pulau Panggang dijual dalam bentuk mentahan kurang bernilai ekonomis, namun jika dijadikan makanan olahan bisa bernilai ekonomis yang lebih baik.

Sementara itu, Supervisi Rumah Kreatif Pertamina Kepulauan Seribu, Ulkiyah menambahkan,  pelatihan serupa akan dilakukan di pulau-pulau permukiman lainnya dengan bahan dasar sesuai hasil laut di wilayah.

Dalam kegiatan pelatihan ini pihaknya melatih para warga membuat makanan olahan dari rumput laut menjadi tangkue, dodol atau makanan lainnya," terangnya.

"Selain pelatihan, kita juga bantu pengembangan usahanya dari mulai akses pemasaran hingga akses permodalan," tandasnya.

TOP