Komunitas Dasa Wisma Urban Farming Pasar Baru Panen 3,2 Kilogram Sayuran

Reporter : Agung Supriyanto | Editor : Toni Riyanto | Jumat, 29 November 2019 14:07 WIB | Dibaca 1069 kali
Komunitas Dasa Wisma Urban Farming Pasar Baru Panen 3,2 Kilogram Sayuran (Foto : Agung Supriyanto / Beritajakarta.id)

" Hasil panennya sangat bagus"

Komunitas Dasa Wisma Urban Farming Kelurahan Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat, memanen 3,2 kilogram sawi dan pakcoy di area tanam Jalan Pintu Besi I.

Ketua Komunitas Dasa Wisma Urban Farming Kelurahan Pasar Baru, Ning Wiryana mengatakan, keberhasilan panen sawi dan pakcoy ini tidak terlepas dari pembinaan dan pelatihan yang diberikan oleh Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta.

"Alhamdulillah, hasil panennya sangat bagus. Kami melakukan budi daya sayuran itu dengan metode hidroponik," ujarnya, di lokasi panen, Kamis (29/11).

Ning menjelaskan, sawi dan pakcoy yang dipanen dibagikan kepada anggota komunitas dan sebagian lainnya dijual dengan harga Rp 10.000 per ikat.

"Hasil penjualan akan kami gunakan untuk pembelian bibit dan kebutuhan urban farming lanjutan," terangnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Sawah Besar, Ava Dhina menambahkan, saat ini ada 46 kelompok tani (poktan) dan komunitas penggiat pertanian hidroponik di wilayah Kecamatan Sawah Besar.

"Semua poktan dan komunitas hidroponik itu merupakan binaan Dinas KPKP DKI Jakarta, bersama TP PKK Kecamatan Sawah Besar," ungkapnya.

Menurutnya, dari jumlah poktan dan komunitas hidroponik binaan tersebut, dalam satu bulan bisa dilakukan tiga sampai empat kali panen sayuran, dari mulai kangkung, sawi, hingga pakcoy. 

"Kami akan memperluas akses pemasaran dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, serta bazar pertanian. Kami berharap, semakin banyak lagi penggiatan pertanian perkotaan atau urban farming di Sawah Besar," tandasnya.

TOP