190 Lulusan Pelatihan Angkatan IV PPKD Jaktim Raih Sertifikat LSP

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Jumat, 29 November 2019 10:17 WIB | Dibaca 428 kali
190 Lulusan Pelatihan Angkatan IV PPKD Jaktim Raih Sertifikat LSP (Foto : Aldi Geri Lumban Tobing / Beritajakarta.id)

Sebanyak 190 peserta program Pelatihan Reguler Angkatan IV di Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) Jakarta Timur memperoleh sertifikat dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) setelah dinyatakan lulus uji kompetensi.

" Peluang mereka diterima bekerja lebih besar"

Kepala PPKD Jakarta Timur, Ahmad Sotar Harahap mengatakan, total ada 220 peserta program Pelatihan Reguler Angkatan IV dari 11 kejuruan. Namun, hanya 191 peserta yang dinyatakan kompeten. 

"Jadi kami mengadakan ujian internal dahulu, dari 220 peserta sebanyak 191 peserta direkomendasikan untuk mengikuti uji kompetensi di LSP. Hasilnya, hanya satu peserta yang dinyatakan belum layak mendapatkan sertifikat LSP atau dengan persentasi kelulusan 99,47 persen," ujarnya, Jumat (29/11).

Sotar menjelaskan, tingkat kelulusan peserta pelatihan pada uji kompetensi LSP kali ini lebih tinggi dari angkatan sebelumnya. 

"Pada Angkatan III presentase kelulusan uji kompetensi LSP sebesar 96,73 persen atau dari 300 peserta hanya 336 yang lulus," terangnya.

Ia menambahkan, LSP adalah lembaga pelaksanaan kegiatan sertifikasi profesi yang memperoleh lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).  

Peserta pelatihan yang mengantongi sertifikat dari LSP memiliki keuntungan tersendiri dan menjadi modal penting dalam pengembangan karir mereka di dunia kerja. 

"Rata-rata perusahaan itu akan meminta sertifikat LSP sebagai bukti bahwa mereka berkompeten. Pemilik sertifikat LSP memiliki peluang mereka diterima bekerja lebih besar. Sertifikat LSP ini juga menjadi salah satu persyaratan untuk menjadi tenaga kerja internasional atau di luar negeri," tandasnya.

TOP