Dinas Gulkarmat Adakan Pelatihan Penyelamatan Korban Laka Lantas

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Kamis, 07 November 2019 13:17 WIB | Dibaca 328 kali
Dinas Gulkarmat Adakan Pelatihan Penyelamatan Korban Laka Lantas (Foto : Aldi Geri Lumban Tobing / Beritajakarta.id)

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta melaksanakan Kegiatan Peningkatan Kapasitas Operasi Penyelamatan Lalu Lintas. Tujuannya, untuk melatih dan meningkatkan keterampilan petugas dalam penyelamatan korban kecelakaan lalu lintas (laka lantas).

" Keterampilan dan keahlian handal"

Pelatihan yang diikuti personel perwakilan dari Sudin Gulkarmat di lima wilayah kota tersebut berlangsung selama tiga hari, mulai 5-7 November 2019.

Kepala Seksi Bantuan Operasi Penyelamatan (BOP) Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Edi Sucipto mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kapasitas petugas penyelamatan.

"Sebagai petugas penyelamatan penggunaan peralatan harus dengan keterampilan dan keahlian handal, serta memperhatikan keselamatan petugas dan area sekitar," ujarnya, di halaman Kantor Dinas Gulkarmat. Jalan KH Zainul Arifin,Kelurahan  Petojo Utara, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (7/11).

Edi menjelaskan, pelatihan menggunakan beberapa skenario kejadian dan korban yang terperangkap dengan menitikberatkan pada standar operasional prosedur (SOP) dan prosedur kerja yang sudah dibuat sesuai dengan tugas setiap kelompok kerja.

"Pelatihan juga meliputi pengaplikasian teknik stabilisasi dan ekstrikasi kendaraan, serta membuat akses penyelamatan bagi korban," terangnya.

Ia menambahkan, peserta juga dibekali pemahaman tentang kemungkinan cedera yang dialami ketika korban mengalami kecelakaan di mobil, baik tabrak depan, samping, atau belakang.

"Penyelamatan korban merupakan prioritas utama dari seluruh operasi. Kegiatan ini sekaligus menerapkan SOP baku penyelamatan kecelakaan lalu lintas," tandasnya.

TOP