Komisi B DPRD Terus Dorong Kreativitas Promosi UKM

Reporter : TP Moan Simanjuntak | Editor : F. Ekodhanto Purba | Selasa, 29 Oktober 2019 20:22 WIB | Dibaca 490 kali
Komisi B DPRD Terus Dorong Kreativitas Promosi UKM (Foto : TP Moan Simanjuntak / Beritajakarta.id)

Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jakarta terus mendorong Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah serta Perdagangan (KUKMP) melakukan kreativitas dalam mempromosikan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Ibukota.

"Kami terus mendorong kreativitas dan inovasi yang dilakukan dalam mempromosikan produk usaha UKM di Jakarta, "

Hal ini mengemuka dalam Rapat Pembahasan Kebijakan Umum APBD dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Tahun Anggaran 2020 di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jl Kebon Sirih, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (29/10).

Sekretaris Komisi B DPRD DKI Jakarta, Pandapotan Sinaga menuturkan, pihaknya mendukung usaha-usaha promosi yang dilakukan oleh pihak Dinas KUKMP DKI dan terus mendorong peningkatan kreativitas serta inovasi dalam setiap promosi.

"Kami terus mendorong kreativitas dan inovasi yang dilakukan dalam mempromosikan produk UKM di Jakarta agar para pelaku usahanya lebih maju dan sejahtera serta pertumbuhan ekonominya terus meningkat," ujar Pandapotan, Selasa (29/10).

Kepala Dinas KUKMP DKI Jakarta, Adi Ariantara menuturkan, rekapitulasi usulan KUA-PPAS Tahun 2020 yang diusulkan pihaknya sebesar Rp 120.006.839.519 yang akan digunakan untuk membiayai 179 kegiatan.

"Besaran anggaran itu akan kami gunakan untuk kegiatan bazar yang lebih kreatif dan memberikan kesempatan pada para pelaku UKM untuk memasarkan produknya," jelasnya.

Dijelaskan Adi, untuk tahun 2019 ini pihaknya tengah menjalin kerja sama dengan lima e-commerce ternama untuk membantu pemasaran produk-produk UKM.

Kemudian mengadakan pertemuan antara pelaku UKM dengan marketing dari e-commerce untuk memberikan edukasi yang dilaksanakan di tiap-tiap kantor kecamatan.

"Dari sisi kelembagaan, kami juga sudah menciptakan sebanyak 42 koperasi wirausaha dengan harapan koperasi menjadi dasar para pelaku UKM untuk berkolaborasi terhadap pelaksanaan bazar," katanya.

Ia menambahkan, ke depan pihaknya juga akan terus menjalin kerja sama dengan pengelola mal di Jakarta agar memberikan ruang bagi para pelaku UMKM untuk mempromosikan produk-produknya.

TOP