PD PAL Miliki Truk Khusus untuk Pemeliharaan Sistem Perpipaan

Reporter : Wuri Setyaningsih | Editor : F. Ekodhanto Purba | Kamis, 24 Oktober 2019 12:21 WIB | Dibaca 595 kali
PD PAL Miliki Truk Khusus untuk Pemeliharaan Sistem Perpipaan (Foto : / Beritajakarta.id)

Untuk meningkatkan pelayanan kepada para pelanggannya, Perusahaan Daerah Pengelolaan Air Limbah Jaya (PD PAL) Jaya terus menghadirkan berbagai inovasi. Khusus pemeliharaan sistem perpipaan misalnya, kini PD PAL Jaya telah memiliki tiga jenis truk untuk perawatannya.

"Truk-truk ini akan dijalankan setiap harinya untuk melakukan pemeliharaan setelah sebelumnya dicek oleh petugas, "

Direktur Utama PD PAL Jaya, Subekti mengatakan, salah satu jasa layanan PD PAL Jaya dalam pengolahan air limbah adalah melalui sistem perpipaan yang selalu dijaga dan dipelihara. Ini dilakukan untuk menjaga agar aliran air limbah dalam perpipaan tetap lancar.

Sebab, melalui sistem perpipaan ini seluruh air limbah domestik dari bangunan pelanggan PD PAL Jaya akan dialirkan untuk selanjutnya diolah secara terpusat di Instalansi Pengolahan Air Limbah (IPAL) MBBR Setiabudi.

"Untuk menjaga dan pemeliharaan sistem perpipaan ini, kami saat ini telah memiliki tiga truk khusus yang dilengkapi segala fasilitas serta peralatan yang memadai," ujar Subekti, Kamis (24/10).

Ketiga jenis truk tersebut yakni, Vaccum Truck dengan tangki yang dilengkapi juga alat penghisap air, lemak, lumpur, dan kotoran pada saluran perpipaan.

Lalu, ada jenis Rodding Truck yang dilengkapi peralatan mekanik untuk menghancurkan serta mengikat lemak kotoran dan lumpur yang menyumbat di saluran perpipaan.

Terakhir, jenis Jetter Truck yang dilengkapi peralatan pembawa air dan dapat membentuk air bertekanan untuk membersihkan dan menghancurkan lemak, kotoran serta lumpur yang menempel di dinding perpipaan.

"Truk-truk ini akan dijalankan setiap harinya untuk melakukan pemeliharaan setelah sebelumnya dicek oleh petugas," tandasnya.

TOP