Dishub DKI Siapkan Jalur Sepeda

Reporter : Nurito | Editor : F. Ekodhanto Purba | Jumat, 20 September 2019 14:46 WIB | Dibaca 746 kali
Dishub DKI Siapkan Jalur Sepeda (Foto : / Beritajakarta.id)

Untuk menciptakan kota yang ramah bagi pesepeda, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan menyiapkan jalur sepeda sepanjang 63 kilometer.

" Selain agar para pesepeda merasa aman dan nyaman dalam menggowes sepedanya, penyediaan jalur sepeda ini juga sebagai salah satu langkah untuk menciptakan kota yang ramah lingkungan,"

Jalur sepeda sepanjang 63 kilometer tersebut disiapkan dalam tiga fase yang meliputi meliputi wilayah Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan dan Jakarta Barat.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, fase pertama dari Medan Merdeka Selatan hingga Jl Pemuda dibuat pada 20 September 2019 - 11 Oktober 2019. Kemudian fase kedua sepanjang Jl Jenderal Sudirman hingga Jl RS Fatmawati Raya dikerjakan pada 12 Oktober 2019 - 1 November 2019 dan fase terakhir mulai dari Jl Tomang hingga Jatinegara akan dibangun pada 2 November - 19 November 2019 mendatang.

"Selain agar para pesepeda merasa aman dan nyaman dalam menggowes sepedanya, penyediaan jalur sepeda ini juga sebagai salah satu langkah untuk menciptakan kota yang ramah lingkungan," ujarnya, Jumat (20/9).

Ia menjelaskan, sebelum membuat jalur sepeda pihaknya terlebih dahulu melakukan kajian dan workshop dengan melibatkan seluruh komunitas sepeda, seperti bike to work, gowes dan komunitas-komunitas sepeda lainnya.

Hasil kajiannya, jalur sepeda tersebut disepakati dibangun di bahu jalan, tujuannya memisahkan antara pejalan kaki yang berada di trotoar, pesepeda dan lalu lintas kendaraan bermotor.

“Harapannya, sistem mobilitas perkotaan berkelanjutan yang ramah lingkungan dan humanis bisa tercipta di Jakarta," tandasnya.

TOP