10 Kilogram Sayuran Dipanen dari Jaksel Farm

Reporter : Rezki Apriliya Iskandar | Editor : Andry | Selasa, 17 September 2019 15:11 WIB | Dibaca 5498 kali
10 Kilogram Sayuran Dipanen dari Jaksel Farm (Foto : Rezki Apriliya Iskandar / Beritajakarta.id)

Wali Kota Jakarta Selatan, Marullah Matali bersama jajarannya hari ini memanen sejumlah sayuran yang ditanam di Jaksel Farm.

" Kami panen sayuran di Jaksel Farm"

"Kami panen sayuran di Jaksel Farm. Kira-kira kita sudah empat kali panen di sini. Hari ini kami panen kangkung, pakcoy dan daun mint," ujar Marullah di lokasi,  Selasa (17/9).

Marullah mengatakan, Jaksel Farm dibangun sekitar dua bulan lalu dan dikelola Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Selatan.

"Dua bulan yang lalu kita bikin ini. Tadinya kita berpikir ini susah. Tapi teman-teman dari Suku Dinas KPKP Jaksel membantu kita dan menyediakan petugas," katanya.

Menurut Marullah, sistem pertanian perkotaan (urban farming) yang diterapkan di Jaksel Farm ini banyak sekali manfaatnya. Model pertanian ini diharapkan bisa diikuti masyarakat di lingkungan masing-masing.

"Mudah-mudahan ini bisa jadi solusi gizi tambahan bagi masyarakat, khususnya di Jakarta Selatan," harapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Ketahanan Pangan dan Pertanian Suku Dinas KPKP Jakarta Selatan, Sundari menambahkan, beragam sayuran yang dipanen hari ini merupakan hasil penanaman sejak sebulan lalu.

"Panen kali ini totalnya ada sekitar 10 kilogram," ungkapnya.

Ia melanjutkan, selain kangkung, daun mint dan pakcoy, di Jaksel Farm ini juga ditanam tanaman hidroponik lainnnya seperti selada merah, bayam merah, kale, selada hijau dan lain sebagainya.

"Biasanya hasil panen kita jual Rp 40 ribu per kilogam," tandasnya.

TOP