Fasilitas Bike and Ride Terminal Tanjung Priok Ditarget Rampung Pekan Ini

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Kamis, 05 September 2019 20:06 WIB | Dibaca 573 kali
Fasilitas Bike and Ride Terminal Tanjung Priok Ditarget Rampung Pekan Ini (Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)

Pembangunan fasilitas Bike and Ride di Terminal Tanjung Priok, Jakarta Utara, diharapkan rampung pada pekan ini.  

" Ini merupakan upaya kita membangkitkan gairah masyarakat kembali menggunakan alat transportasi sepeda"

Kepala Terminal Tanjung Priok Mulya mengatakan, fasilitas Bike and Ride memanfaatkan trotoar sepanjang 200 meter mulai dari pintu masuk bus dalam kota, halte TransJakarta, hingga sekitar lokasi keberangkatan bus antar kota antar provinsi (AKAP). Trotoar akan dicat warna hijau untuk pejalan kaki dan biru untuk akses sepeda.

"Ini merupakan upaya kita membangkitkan gairah masyarakat kembali menggunakan alat transportasi sepeda dalam kehidupan sehari-hari," katanya, Kamis (5/9).

Dilanjutkan Mulya, trotoar nantinya dilengkapi dua jalur berbeda. Masing-masing jalur akan dibedakan cat warna hijau dan biru serta putih sebagai pembatas.

Dijelaskannya, parkir sepeda akan disediakan di depan kantor terminal lengkap dengan besi penyangga. Untuk menjaga keamanan, pihaknya akan menempatkan satu petugas pengawas.

Tak hanya itu, disekitar Bike and Ride itu pun akan dihiasi sejumlah tanaman dalam pot yang berfungsi sebagai penghijauan. Diharapkan hal tersebut dapat mengurangi dampak polusi udara.

"Sepeda milik penumpang bisa diparkirkan di terminal dan setelah kembali berpergian sepeda bisa digunakan lagi, gratis. Mudah-mudahan pekan ini rampung," tandasnya.

TOP