MRT Jakarta akan Bikin Book Corner di Beberapa Stasiun

Reporter : Wuri Setyaningsih | Editor : Budhy Tristanto | Kamis, 05 September 2019 10:11 WIB | Dibaca 641 kali
MRT Jakarta akan Bikin Book Corner di Beberapa Stasiun (Foto : Wuri Setyaningsih / Beritajakarta.id)

PT MRT Jakarta berencana membuat book corner di sejumlah stasiun MRT yang memiliki ruangan cukup luas. Langkah ini sebagai tindak lanjut dari Instruksi Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, agar pada setiap stasiun Moda Raya Terpadu (MRT) dibuatkan perpustakaan umum.

" MRT Jakarta ingin mendorong penumpang mau membaca buku dengan waktu luangnya."

Direktur Utama PT MRT Jakarta, William P Sabandar mengatakan, untuk ketersediaan buku yang akan ditempatkan di book corner nanti pihaknya akan bekerjasama dengan Ikatan Penerbit Indonesia dan Chapter Jakarta. 

Nantinya, lanjut Willliam, penumpang yang ingin naik MRT bisa meminjam buku di book corner untuk dibaca selama perjalanan di dalam kereta. Kemudian, saat turun di stasiun tujuan, buku tersebut dikembalikan ke rak buku yang tersedia di sana.

"MRT Jakarta ingin mendorong penumpang mau membaca buku dengan waktu luangnya. Ada book corner di beberapa stasiun yang memungkinkan didirikan rak buku sehingga orang bisa mengambil buku dan mengembalikan di stasiun tujuan," ujarnya, Kamis (5/9). 

William mengungkapkan, saat peringatan Hari Aksara Intenasional, Minggu (8/9) nanti, pihaknya akan mencanangkan gerakan Baca Buku di MRT Jakarta.

"Kita mengajak masyarakat yang punya buku dan sudah dibaca untuk didonasikan. Nanti di setiap stasiun akan kita siapkan tempat untuk menampung donasi buku,” katanya.

Direktur Keuangan dan Administrasi PT MRT Jakarta, Tuhiyat menambahkan, tidak semua stasiun bisa dibangun book corner karena keterbatasan ruang. Stasiun yang memungkinkan untuk dibuat ruang perpustakaan di antaranya Stasiun Bundaran HI, Dukuh Atas, Blok M, Fatmawati dan Lebakbulus.

"Untuk stasiun lain bisa dibuat digitalisasi buku, kami nanti akan berkoordinasi dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta,” tutupnya.

TOP