Rayakan HUT RI, Ribuan Warga Cipinang Cempedak Gelar Karnaval

Reporter : Nurito | Editor : F. Ekodhanto Purba | Sabtu, 17 Agustus 2019 18:48 WIB | Dibaca 479 kali
Rayakan HUT RI, Ribuan Warga Cipinang Cempedak Gelar Karnaval (Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Rayakan HUT Kemerdekaan ke-74 RI, warga Kelurahan Cipinang Cempedak, Jatinegara, Jakarta Timur gelar karnaval. 

"K arnaval ini juga meningkatkan kerukunan dan kekompakan antar warga"

Kegiatan yang dimulai dari kantor Kelurahan Cipinang Cempedak tersebut dilepas Lurah Cipinang Cempedak, Ika Yuli  Rahayu. 

Peserta langsung menyusuri rute yang telah ditentukan sepanjang kurang lebih 3 kilometer, melintasi Jl Panti Asuhan, Jl Otista III. Jl Regina, Jl H. Yahya, Jl Pedati dan kembali ke Jl Panti Asuhan selanjutnya masuk ke kantor kelurahan.

Dalam lomba karnaval ini, masing-masing kelompok peserta memiliki ciri khasnya. Ada yang mengenakan busana adat, pakaian kedinasan hingga kostum olahraga. 

Selain itu ada juga yang menggunakan kostum pantomim, ondel-ondel dan sebagainya. Sepanjang jalan peserta juga menyanyikan lagu-lagu perjuangan dan lagu nasional. Tidak hanya itu, tanjidor, marching band turut mengiringi perjalanan peserta karnaval. 

Ketua Panitia Acara sekaligus Ketua RW 03 Sugiyanto (64) mengatakan, kegiatan lomba ini rutin diadakan setiap tahunnya dari warga oleh warga dan untuk warga. 

"Selain untuk memeriahkan karnaval ini juga meningkatkan kerukunan dan kekompakan antar warga," tuturnya,  Sabtu (17/8).

Lurah Cipinang Cempedak, Ika Yuli Rahayu menjelaskan, kegiatan lomba karnaval diikuti oleh 1.150 peserta dari perwakilan 11 RW. Lomba karnaval ini dinilai tim juri dari Sudin Pariwisata dan Kebudayaan serta Sudin Pemuda dan Olahraga Jakarta Timur.

"Lomba karnaval ini menampilkan kebhinnekaan," tandasnya.

TOP