100 Ibu Manfaatkan Layanan Mamografi Gratis

Reporter : Maulana Khamal Macharani | Editor : Toni Riyanto | Selasa, 13 Agustus 2019 14:43 WIB | Dibaca 487 kali
100 Ibu Manfaatkan Layanan Mamografi Gratis (Foto : Maulana Khamal Macharani / Beritajakarta.id)

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan menggelar layanan Mamografi gratis bgi 100 ibu. Layanan tersebut diberikan untuk mendeteksi dini penyakit kanker payudara.

"D eteksi penyakit kanker payudara "

Direktur RSUD Jati Padang, Rismasari mengatakan, layanan tersebut diberikan bekerja sama dengan Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) dalam rangka HUT ke-2 RSUD Jati.

"Layanan Mamografi ini dapat mendeteksi adanya benjolan atau tumor yang menjadi awal penyakit tidak menular kanker payudara," ujarnya, Selasa (13/8).

Risamasari menjelaskan, rangkaian pemeriksaan terdiri dari pemeriksaan fisik yang kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan kelenjar payudara menggunakan sinar X dengan mendatangkan satu unit mobil Mamografi milik YKPI.

"Melalui pemeriksaan ini apabila ada warga yang terdeteksi penyakit kanker payudara bisa dialkukan penanganan dan pengobatan lebih awal," terangnya.

Sementara, salah seorang peserta asal Kelurahan Pasar Minggu, Ani Sundari mengaku sangat bersyukur bisa mengikuti layanan ini karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dari rumah.

"Adanya layanan di sini sangat bermanfaat. Sebab, kalau pemerikasaan mandiri setahu saya itu harus dilakukan di Rumah Sakit Dharmais," ungkapnya

Peserta lainnya dari Kelurahan  Pejaten Timur, Ningsih menyarankan agar layanan jemput bola semacam ini bisa terus digencarkan secara berkala hingga wilayah permukiman warga.

"Kebutulan saya kader PKK, kalau yang sudah gencar itu layanan iva test, kalau mamografi ini adalah yang perdana di Kecamatan Pasar Minggu, kami berharap jumlah peserta juga bisa ditambah," tandasnya.

Untuk diketahui, selain layanan Mamografi, RSUD Jati Padang juga mennggelar screening Penyakit lainnya seperti, mendeteksi Tuberkulosis (TBC), HIV, Kejiwaan dan IVA Tes untuk 50 orang warga umum yang juga tanpa dipungut biaya pemeriksaan.

TOP