159 Petugas Diterjunkan Periksa Kesehatan Daging Kurban di Jakbar

Reporter : Folmer | Editor : Budhy Tristanto | Jumat, 09 Agustus 2019 15:11 WIB | Dibaca 334 kali
159 Petugas Diterjunkan Periksa Kesehatan Daging Kurban di Jakbar (Foto : Folmer / Beritajakarta.id)

Wali Kota Jakarta Barat, Rustam Effendi, melepas 159 petugas pemeriksa kesehatan hewan dan daging kurban.

"Tugas tim pemeriksa kesehatan hewan dan daging kurban ini cukup mulia, "

Selama empat hari, 11 hingga 16 Agustus, para petugas ini akan melakukan pemeriksaan daging kurban di delapan wilayah kecamatan di Jakarta Barat.

Rustam mengatakan, para petugas ini membantu warga melakukan pemotongan hewan kurban agar sesuai syariat sekaligus memeriksa kesehatan daging hasil pemotongan agar aman dikonsumsi.    

"Tugas tim pemeriksa kesehatan hewan dan daging kurban ini cukup mulia, karena membantu warga yang berkurban saat Idul Adha," ujar Rustam, Jumat (9/8).

Rustam juga mengajak warga menggunakan wadah untuk daging kurban yang ramah lingkungan, seperti besek, daun pisang dan sebagainya.

"Hindari pemakaian kantong plastik sekali pakai untuk daging hewan kurban, sehingga mengurangi volume sampah," tuturnya.

Plt Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Barat, Wachyuni menambahkan, 159 petugas ini terdiri dari  64 petugas Sudin KPKP Jakbar, 25 petugas Dinas KPKP DKI Jakarta, 57 mahasiswa dan Pendamping FKH - IPB, serta  13 dokter hewan.  

"Hingga 8 Agustus kemarin, 216 lokasi penampungan dengan jumlah 14.278 hewan kurban telah diperiksa petugas," tandasnya.

TOP