Satpel KPKP Cilandak Periksa Kesehatan Hewan Kurban

Reporter : Maulana Khamal Macharani | Editor : Toni Riyanto | Kamis, 01 Agustus 2019 20:54 WIB | Dibaca 590 kali
Satpel KPKP Cilandak Periksa Kesehatan Hewan Kurban (Foto : Maulana Khamal Macharani / Beritajakarta.id)

Satuan Pelaksana (Satpel) Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan melakukan pemeriksaan hewan kurban di empat penampungan di Jalan Margasarwa, Kelurahan Pondok Labu.

" Sampel darahnya di bawa ke laboratorium "

Kepala Satpel KPKP Kecamatan Cilandak, Nila Kartika mengatakan, pemeriksaan  hewan difokuskan pada surveillance penyakit antraks dengan cara melakukan pengambilan sampel darah hewan kurban di setiap penampungan. 

"Kami mengambil sampel dari lima ekor sapi dan lima ekor kambing dari tiap penampungan. Kami mengerahkan empat petugas dibantu dokter hewan dari Pusat Pelayanan Kesehatan Hewan dan Ternak,"  ujarnya, Kamis (1/8).

Nila menjelaskan, pemeriksaan juga dilakukan secara fisik di empat penampungan tersebut yang terdiri dari 198 ekor sapi dan 195 ekor kambing untuk memastikan kelayakan hewan yang diperjualbelikan di penampungan. 

"Untuk pemeriksaan secara fisik bagus. Kami hanya memberikan Surat Kesehatan Hewan. Sementara, untuk sampel darahnya di bawa ke laboratorium untuk uji antraks," tandasnya. 

TOP