877 Warga Pekayon Mendapatkan Layanan Binduk

Reporter : Nurito | Editor : F. Ekodhanto Purba | Selasa, 16 Juli 2019 09:05 WIB | Dibaca 406 kali
877 Warga Pekayon Mendapatkan Layanan Binduk (Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad Anwar memimpin kegiatan bina kependudukan (Binduk) di RW 07 Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta Timur. 

"warga pendatang harus wajib lapor, "

Hasilnya, sebanyak 877 warga mendapatkan layanan kependudukan dalam kegiatan tersebut.

"Ke depan saya berharap pengurus RT/RW lebih ketat lagi mengawasi lingkungannya dan warga pendatang harus wajib lapor," ujarnya, Selasa (16/7). 

Menurutnya, dengan melapor diri maka akan dibuatkan Surat Keterangan Domisili Sementara (SKDS). Pemprov DKI tidak pernah melarang warga datang ke Ibukota, asalkan mereka memiliki kemampuan dan keterampilan. 

"Sehingga tidak menimbulkan masalah sosial di kemudian hari," katanya.

Sementara, Kepala Sudin Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Timur, Sukma Wijaya menambahkan, dalam pelayanan Binduk kali ini pihaknya melayani 330 warga mengajukan pembuatan SKDS. Namun baru 147 yang tercetak, dan sisanya masih dalam proses.

Kemudian yang mengajukan perekaman KTP-el sebanyak 57 orang, 15 orang konsultasi masalah kependudukan, 144 orang dibuatkan Kartu Identitas Anak, dan akta lahir sebanyak 116 orang. Selain itu, 38 orang mendapatkan distribusi KTP-el dan 187 orang dibuatkan KK.

Binduk ini melibatkan 90 petugas gabungan dari jajaran Sudin Dukcapil, Satpol PP, Sudin Perhubungan, kelurahan, kecamatan serta RT/RW.

TOP