Peserta Camping Under The Sea Diajarkan Jaga Kelestarian Laut

Reporter : Wuri Setyaningsih | Editor : Budhy Tristanto | Minggu, 07 Juli 2019 16:19 WIB | Dibaca 399 kali
Peserta Camping Under The Sea Diajarkan Jaga Kelestarian Laut (Foto : Wuri Setyaningsih / Beritajakarta.id)

Sebanyak 69 anak peserta Camping Under The Sea yang digelar Taman Impian Ancol, 6 dan 7 Juli 2019, diajarkan untuk menjaga kelestarian laut. Salah satunya dengan menebar kulit kurang di pesisir pantai Ancol.

"anak-anak menebar kulit kerang hijau  yang merupakan filter feeder atau filter alami dari perairan laut, "

Head Corporate Communications Ancol, Rika Lestari mengatakan, aktivitas yang diikuti anak usia 6 hingga 12 tahun ini menggabungkan kegiatan rekreasi, edukasi dan konservasi. 

"Hari kedua ini, anak-anak menebar kulit kerang hijau  yang merupakan filter feeder atau filter alami dari perairan laut yang dapat memperbaiki kualitas air." ujarnya, Minggu (7/7).  

Ia berharap, dengan kembalinya populasi kerang hijau di wilayah pesisir akan berdampak positif pada meningkatnya kualitas air dan meningkatkan biodiversitas dan jumlah biota yang ada di Laut Kawasan Ancol.

"Keberadaan kerang hijau akan berdampak posistif terhadap kenaekaragaman hayati dikarenakan kerang hijau merupakan substrat keras untuk meletakkan telur berbagai jenis biota, dapat menjadi struktur berlindung dari berbagai jenis ikan kecil dan sumber makanan dari berbagai jenis ikan," ungkapnya.

Salah satu anak yang mengikuti kegiatan Ayunda (9), mengaku ikut kegiatan ini merupakan pengalaman pertama yang menyenangkan. 

"Ini pengalaman yang spesial buat saya. Kita diajarkan belajar mandiri tanpa didampingi orang tua, dan menambah banyak teman serta pengetahuan," tandasnya.

TOP