Pemkot Jaksel Bakal Kembangkan Ekowisata Kawasan Ciliwung

Reporter : Wuri Setyaningsih | Editor : Rio Sandiputra | Rabu, 24 April 2019 16:24 WIB | Dibaca 526 kali
Pemkot Jaksel Bakal Kembangkan Ekowisata Kawasan Ciliwung (Foto : Wuri Setyaningsih / Beritajakarta.id)

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Selatan melalui Suku Dinas Periwisata dan Kebudayaan (Sudin Parbud) melakukan susur Kali Ciliwung mulai dari Kecamatan Jagakarsa hingga Jl MT Haryono, Kecamatan Pancoran, Rabu (24/4).

"Kita cari spot-spot mana saja yang dapat dikembangkan untuk menjadi destinasi ekowisata di Sungai Ciliwung, yang dapat ditawarkan oleh wisatawan, "

Kegiatan ini dilakukan untuk mencari titik lokasi yang bisa dikembangkan menjadi kawasan ekowisata.

Kepala Sudin Parbud Jakarta Selatan, Imron mengatakan, pihaknya bakal menggandeng komunitas Masyarakat Peduli Ciliwung (Mat Peci) untuk pengembangan kegiatan pariwisata yang berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi, aspek pemberdayaan sosial budaya ekonomi masyarakat lokal serta aspek pembelajaran dan pendidikan.

"Kita cari spot-spot mana saja yang dapat dikembangkan untuk menjadi destinasi ekowisata di Sungai Ciliwung, yang dapat ditawarkan oleh wisatawan," ujarnya.

Sebelumnya pada peringatan Hari Bumi tanggal 22 April kemarin, komunitas Mat Peci dan warga sekitar Kelurahan Srengseng Sawah, Jagakarsa telah membersihkan bantaran Kali Ciliwung. Pohon-pohon endemik ditanam sebagai upaya pelestarian tanaman khas Jakarta sekaligus untuk menambah penghijauan.

TOP