RPTRA Abdi Praja Miliki Program Edukasi Pertanian Hidroponik

Reporter : Wuri Setyaningsih | Editor : Rio Sandiputra | Rabu, 27 Maret 2019 13:15 WIB | Dibaca 1627 kali
RPTRA Abdi Praja Miliki Program Edukasi Pertanian Hidroponik (Foto : Wuri Setyaningsih / Beritajakarta.id)

Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Abdi Praja yang terletak di Jalan Pancoran, RT 05/01, Kelurahan Pesanggrahan, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, kini memiliki lahan pertanian hidroponik khusus untuk program edukasi siswa PAUD dan TK.

" Anak-anak itu tanganya masih aktif jadi kita hanya melakukan penanam sayuran kangkung saja. Saat inj ada sekitar 1.200 lubang hydroponik kangkung yang di khususkan untuk siswa."

Pengelola RPTRA Abdi Praja, Eni Sumanti mengatakan, pihaknya telah menyiapkan 1.200 lubang untuk media tanam sistem pertanian hidroponik. Selain itu bibit tanaman kangkung juga telah disediakan, agar para siswa bisa belajar bertani.

"Kita ingin anak-anak tahu cara bertani, walaupun bukan di lahan yang sebenarnya. Karena mereka juga masih terlalu aktif, kita gunakan kangkung yang bibitnya tidak mudah patah," ujarnya, Rabu (27/3).

Menurut Eni, selain pengajuan dari masing-masing TK dan PAUD, pihaknya juga melakukan sistem undangan. Setiap bulan ada dua sekolah yang bisa ikut dalam program edukasi pertanian hidroponik.

"Jadi mereka menanam, lalu dua minggu kemudian akan kita undang untuk panen. Sehingga selain tahu proses menanam, memanen, dan juga nanti langsung memasarkan hasilnya," ungkap Eni.

Dengan cara ini, Eni meyakini jika para siswa TK dan PAUD bisa mendapatkan kegembiraan dalam belajar. Bukan hanya pertanian, tetapi juga melatih mereka untuk mempunyai jiwa wirausaha.

TOP