Layanan Kesehatan Posbindu di Srengseng Diminati Warga

Reporter : Folmer | Editor : Budhy Tristanto | Senin, 11 Maret 2019 17:00 WIB | Dibaca 540 kali
Layanan Kesehatan Posbindu di Srengseng Diminati Warga (Foto : Folmer / Beritajakarta.id)

Pelayanan kesehatan yang dilaksanakan Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) di Jalan Buni RT 08/07, Kelurahan Srengseng, Jakarta Barat, diminati warga terutama mereka yang sudah lanjut usia (lansia). 

" Saya datang rutin untuk memeriksakan tekanan darah, maklum usia sudah tua jadi harus rajin periksa kesehatan,"

Sumarni, Bendahara Posbindu Buni menjelaskan, layanan pemeriksaan kesehatan untuk penyakit tidak menular (PTM) yang digelar di Pos RW 07 Srengseng ini sudah berlangsung sejak 2011 lalu. 

"Rata-rata sekitar 40 warga memeriksakan kesehatan setiap dua pekan sekali. Pemeriksaan kesehatan yang tersedia di antaranya pemeriksaan gula, tekanan darah, kolesterol dan asam urat," ujarnya,  Senin (11/3). 

Ia menambahkan, pelayanan kesehatan di Posbindu tidak memberikan obat bagi warga yang dari hasil pemeriksaan dinyatakan kurang sehat. 

"Biasanya tim medis yang bertugas di Posbindu memberikan rujukan ke puskesmas kecamatan untuk mendapat pemeriksaan lebih lanjut dan obat - obatan," jelasnya. 

Yati (53), warga RT 03/07 Kelurahan Srengseng yang ditemui beritajakarta.id mengaku, rutin memeriksakan kesehatan saat digelar Posbindu di pos RW pada pekan pertama dan kedua setiap bulan.

"Saya datang rutin untuk memeriksakan tekanan darah, maklum usia sudah tua jadi harus rajin periksa kesehatan," kata nenek tiga cucu ini. 

Dia mengaku,  senang dengan adanya layanan pemeriksaan kesehatan di Posbindu dan berharap  layanan bisa lebih ditingkatkan lagi. 

"Kami yang sudah lansia ini kalau bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dan obat di posbindu tanpa perlu datang ke puskesmas," tandasnya. 

TOP