Diskominfotik Gelar Bimtek Open Data

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Andry | Rabu, 17 Oktober 2018 15:21 WIB | Dibaca 1298 kali
Diskominfotik Gelar Bimtek Open Data (Foto : Reza Hapiz / Beritajakarta.id)

Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) DKI Jakarta menggelar bimbingan teknis (bimtek) open data di lantai 23 Blok G, Balai Kota.

" Tujuannya supaya mereka benar-benar bisa mengolah data"

Kegiatan yang digelar selama dua hari ini diikuti 110 petugas data dan informasi dari masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) secara bergilir.

Kepala Seksi Pelayanan Informasi Publik, Diskominfotik DKI Jakarta, Harry Sanjaya mengatakan, bimtek ini merupakan pembekalan dalam rangka meningkatkan kompetensi serta pengetahuan petugas informasi dan data terkait open data, pengolahan serta penyajiannya.

"Tujuannya supaya mereka benar-benar bisa mengolah data," ujarnya, Rabu (17/10).

Ia menuturkan, kegiatan ini dibagi menjadi tiga sesi yakni pengenalan konsep open data, cara menginput data ke sistem kemudian mengolah data. Selain rinci dan terintegrasi, data yang disediakan juga harus mudah dimanfaatkan publik.

"Adanya bimtek ini karena masukan dari masyarakat yang kita terima, mereka mengharapkan data-data yang disiapkan lebih berkualitas dan kaya," katanya.

Harry menambahkan, sebelum dipublikasikan ke masyarakat, data ini harus terlebih dahulu melewati proses verifikasi Tim Bappeda DKI Jakarta untuk mencegah adanya perbedaan data.

"Setelah diverifikasi Bappeda, data kemudian diserahkan kepada Diskominfotik untuk dipublish," tandasnya.

TOP