Dishub Kerahkan 300 Personel di Kawasan GBK

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Sabtu, 18 Agustus 2018 14:11 WIB | Dibaca 554 kali
(Foto : / Beritajakarta.id)

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mengerahkan sebanyak 300 personel di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat.

"Kami juga siagakan 10 mobil derek dan dua unit vehicle message sign"

Mereka akan bahu-membahu bersama petugas dari kepolisian memastikan pelaksanaan Opening Ceremony Asian Games XVIII dapat berjalan lancar.

Wakil Kepala Dishub DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko mengatakan, petugas dibagi menjadi dua sif. Pertama mulai pukul 06.00-14.00, dan sif kedua 14.00-22.00 WIB.

"Mereka akan berjaga di area dalam maupun luar kawasan GBK. Kami juga siagakan 10 mobil derek dan dua unit vehicle message sign," ujarnya, Sabtu (18/8).

Sigit meminta, penonton yang akan menyaksikan upacara pembukaan Asian Games XVIII bisa melakukan perjalanan dari rumah menggunakan transportasi umum. Sehingga, potensi kepadatan lalu lintas bisa diminimalisir.

Ia menambahkan, untuk penonton yang membawa kendaraan pribadi bisa memarkirkan kendaraan di hotel, gedung, dan mal di kawasan GBK. Selain itu, area parkir juga tersedia di Lot 17 Sudirman Central Business Distict (SCBD).

"Perjalanan menuju GBK bisa dilanjutkan dengan shuttle bus, kita sudah siapkan. Layanan ini diberikan secara gratis," tandasnya.

Untuk diketahui, Dishub DKI Jakarta melakukan rekayasa lalu lintas pada sejumlah ruas jalan untuk mendukung kelancaran Opening Ceremony Asian Games XVIII.

Ruas Jalan Gerbang Pemuda sisi selatan, mulai dari Flyover Senayan dan putaran balik di bawah Flyover Senayan, serta Jl Pintu Satu Senayan, ditutup. Demikian halnya dengan Jl Asia Afrika sisi timur, mulai dari Traffic Light Hotel Mulia hingga Traffic Light Hotel Fairmont.

Kemudian, diberlakukan pengalihan arus lalu lintas yakni, kendaraan dari arah utara (Slipi) menuju Permata Hijau diarahkan melalui Jl Gatot Subroto–Bundaran Semanggi–Jl Jenderal Sudirman–Bundaran Senayan–dan seterusnya.

Sementara, kendaraan dari arah Semanggi menuju TVRI dialihkan melalui ruas Jl Gatot Subroto–Jl Tentara Pelajar–Jl Gelora–dan seterusnya.