Gubernur Resmikan 10 GOR dan Dua Venue Asian Games

Reporter : Nurito | Editor : Rio Sandiputra | Senin, 13 Agustus 2018 11:31 WIB | Dibaca 606 kali
(Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan dua Venue Asian Games dan 10 gelanggang olahraga (GOR) di DKI, Senin (13/8). Peresmian dipusatkan di lapangan base ball Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur.  

" Tantangan berikutnya adalah, dari fasilitas ini harus menjadi tempat tumbuhnya atlet berlevel nasional dan internasional"

"Kami ucapkan terimakasih pada semua pihak yang telah bekerja maksimal. Sehingga pekerjaan pembangunan dan rehabilitasi sarana olahraga ini tepat waktu," kata Anies.

Dua venue yang baru dibangun ini masing-masing adalah Jakarta International BMX Track (JIBT) di Pulomas dan Jakarta International Baseball Area (JIBA) di Rawamangun, Jakarta Timur.

Kemudian 10 gelanggang olahraga yang baru selesai direhabilitasi masing-masing adalah, Gelanggang Remaja Kota Administrasi Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur.

Kemudian rehabilitasi Pusat Pelatihan Olahraga Pelajar Ragunan, Gelanggang Remaja Kecamatan Pulo Gadung, Gelanggang Remaja Kecamatan Tanjung Priok, Gelanggang Remaja Kecamatan Cempaka Putih dan Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro Kuningan. 

Menurutnya, seluruh sarana olahraga ini nantinya digunakan untuk latihan dan pertandingan. Khusus  Stadion base ball dan BMX ini disebut sebagai yang terbaik di Indonesia dan beratandar internasional. Bahkan dua venue ini merupakan salah satu sarana olahraga terbaik di dunia.

Pihaknya juga ingin dari sarana olahraga ini, ke depannya Indonesia meraih kesuksesan. Karena ukuran keberhasilan adalah, tersedianya fasilitas olaharaga dengan kualitas baik sebelum penyelenggaraan Asian Games dan seluruh target itu tercapai.

"Tantangan berikutnya adalah, dari fasilitas ini harus menjadi tempat tumbuhnya atlet berlevel nasional dan internasional. Fasilitas baik harus bisa dimanfaatkan dengan baik," tandasnya.

Sementara, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI, Rationo menambahkan, dasar pelaksanaan rehabilitasi dan pembangunan adalah Instruksi Presiden nomor 48 tentang tugas tambahan Provinsi DKI Jakarta dalam persiapan Asian Games 2018. Yakni untuk menyiapkan fasilitas kebutuhan Asian Games 2018 sesuai tugas tambahan bagi Pemprov DKI Jakarta.

"Pelaksanaan pembangunan dan rehab dimulai tahun 2017 sampai Juli 2018," kata Rationo.

Untuk rehabilitasi 10 gelanggang ahraga dimulai dari November 2017 sampai Maret 2018. Sedangkan pelaksanaan pembangunan JIBT dari Januari-Juli 2018 dan pembangunan JIBA dari April-Juli 2018.