Wagub Ingin Palang Pintu Ditampilkan di Asian Games

Reporter : Erna Martiyanti | Editor : Andry | Minggu, 29 Juli 2018 00:01 WIB | Dibaca 962 kali
(Foto : Reza Hapiz / Beritajakarta.id)

Sambutan kesenian Palang Pintu yang ditampilkan dalam acara pembukaan Lebaran Betawi di Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan hari ini menimbulkan kesan tersendiri bagi Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno.

" Tadi saya datang ke sini disambut Palang Pintu"

Sebagai wujud kekagumannya akan kesenian tersebut, Sandi pun meminta agar Palang Pintu ditampilkan dalam ajang Asian Games yang akan dihelat di Ibukota, Agustus 2018 mendatang.

"Tadi saya datang ke sini disambut Palang Pintu. Saat Asian Games bisa kita tampilkan kesenian ini untuk menyambut tamu-tamu kita dan para atlet," kata Sandi saat membuka Lebaran Betawi, Sabtu (28/7).

Sandi mengaku ingin menunjukan kepada negara-negara peserta Asian Games akan kebudayaan Betawi. Salah satunya pertunjukan pencak silat yang dimainkan dalam Palang Pintu.

Ia juga mendorong Badan Musyawarah Masyarakat Betawi (Bamus Betawi) selaku penyelenggara Lebaran Betawi untuk menyiapkan Palang Pintu saat perhelatan Asian Games.

Ketua Umum Bamus Betawi, Zainudin mengaku siap jika diminta menampilkan kebudayaan Betawi pada ajang Asian Games. Selain Palang Pintu, pihaknya juga akan menghadirkan tarian selamat datang serta kesenian lainnya. 

"Ada pemikiran dari Pak Wagub tadi, atlet Asian Games di hotel-hotel disambut dengan tradisi Betawi. Salah satunya Palang Pintu dan tari selamat datang," akunya.

Menurut pria yang akrab disapa Bang Oding ini, di Ibukota, ada ratusan sanggar Betawi yang siap untuk menampilkan Palang Pintu. 

"Ini ide menarik. Kami akan sampaikan kepada pengelola sanggar," tandasnya.