Dispusip DKI Gelar Talkshow Literasi di Era Digital

Reporter : Wuri Setyaningsih | Editor : Rio Sandiputra | Selasa, 28 November 2017 14:22 WIB | Dibaca 1017 kali
(Foto : Wuri Setyaningsih / Beritajakarta.id)

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) DKI Jakarta mengadakan talkshow bertajuk Literasi Menjadi Produktif dan Kreatif di Era Digital Bersama Perpustakaan, di Perpustakaan Daerah DKI Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Selasa (28/11).

" Anak muda saat ini lebih simple, semua maunya yang gampang diakses. Mereka lebih memilih buku digital dari pada buku fisiknya, karena berat"

Kegiatan ini dihadiri oleh 100 peserta yang merupakan pengurus perpustakaan sekolah, pengurus perpustakaan kelurahan, pengelola perpustakaan umum wilayah kota dan pengelola perpustakaan universitas.

"Pencanangan DKI Jakarta sebagai kota literasi sudah sejak 2015 lalu. Sehingga perlu dilakukan kegiatan berkesinambungan. Kegiatan ini sekaligus memberikan informasi pentingnya membaca dalam menambah pengetahuan," ujar Wahyu Haryadi, Kepala Dispusip DKI Jakarta.

Sementara itu, None Buku DKI Jakarta tahun 2017 Feriza Triana (20) menambahkan, talkshow ini sangat penting untuk mengikuti perkembangan zaman, terlebih teknologi informasi yang semakin maju.

"Anak muda saat ini lebih simple, semua maunya yang gampang diakses. Mereka lebih memilih buku digital dari pada buku fisiknya, karena berat. Jadi talkshow ini memberikan gambaran akan kebutuhan membaca di era digital saat ini," ucapnya.

Saat ini, lanjut Feriza, DKI Jakarta telah memiliki perpustakaan digital. Ribuan judul buku dapat diakses melalui aplikasi I-jakarta yang dapat diunduh melalui semua jenis ponsel pintar.

"Sebelum masuk ke I-jakarta kita harus register terlebih dahulu. Dari sana kita dapat akun digital, akun itu untuk mengakses judul buku yang kita mau," tandasnya.