33 Kader Jumantik dan PKK Disosialisasikan Penyakit Hewan Menular

Reporter : Wuri Setyaningsih | Editor : Rio Sandiputra | Senin, 20 November 2017 11:32 WIB | Dibaca 2049 kali
(Foto : Wuri Setyaningsih / Beritajakarta.id)

Sebanyak 33 kader Jumantik dan PKK di Kelurahan Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarat Pusat mengikuti sosialisasi penyakit hewan menular di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Rustanti.

"Ini untuk pembekalan pengetahuan "

Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Pusat, Bayu Sari Hastuti mengatakan, para kader diperkenalkan dengan penyakit hewan yang berpotensi menular ke manusia. Seperti halnya rabies dan juga flu burung.

"Ini untuk pembekalan pengetahuan. Kami pilih Jumantik dan PKK karena mereka itu paling tahu rumah mana yang memiliki anjing, kucing ataupun burung," ujar Bayu, Senin (20/11).

Ia menjelaskan, berbagai pencegahan juga disosialisasikan, misalnya vaksinasi rutin setahun sekali, binatang anjing harus dirantai, Hewan Penular Rabies (HPR) tidak boleh dilepasliarkan, hingga syarat-syarat memelihara hewan unggas.

Sementara itu Erni (36) Kader Jumantik RW 10 Tanah Tinggi mengaku, sosialisasi ini sangat bermanfaat. Ia berencana akan meneruskan pengetahuan ini kepada warga saat Jumat sekaligus kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

"Nanti pas ada PSN kita ke rumah warga. Momen itu akan saya manfaatkan untuk sosialisasi ini kepada warga, terutama warga yang memiliki unggas, dan HPR," tandasnya.