Warga Harap Pelebaran Jl Panjang Bisa Atasi Kemacetan

Reporter : Devi Lusianawati | Editor : Dunih | Senin, 15 September 2014 18:30 WIB | Dibaca 3059 kali
Warga Harap Pelebaran Jl Panjang Bisa Atasi Kemacetan (Foto : Devi Lusianawati / Beritajakarta.id)

Berbagai upaya dilakukan Pemprov DKI untuk meminimalisir kemacetan di ibu kota. Selain membuat jalan inspeksi di lima wilayah ibu kota yang berbatasan dengan kali, Pemprov DKI juga kini tengah melebarkan Jl Panjang, RW 05 Kelurahan Kedoya Utara, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

"Kalau mau diperlebar, syukur. Soalnya Jl Panjang ini sering macet, apalagi kalau sudah jam berangkat dan pulang kerja, macet sekali "

Pelaksanaan proyek pelebaran Jl Panjang tersebut, juga mengakibatkan empat pohon besar terpaksa ditebang. Selain itu, rumah ibadah yang bersebelahan dengan Kompleks Sunrise Garden juga terancam terkena proyek tersebut.

Pelebaran jalan tersebut disambut baik warga sekitar. Pasalnya, ruas jalan tersebut dianggap sempit dan kerap menimbulkan kemacetan panjang.

Rinah (26) warga Jl Setia RT 001 RW 003, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, mengaku senang dengan proyek pelebaran jalan tersebut. Ia berharap pelebaran jalan yang dimulai sejak tahun 2013 lalu segera rampung, sehingga jalan tersebut bisa lebih nyaman karena tidak terhambat oleh kemacetan panjang.

Kalau mau diperlebar, syukur. Soalnya Jl Panjang ini sering macet, apalagi kalau sudah jam berangkat dan pulang kerja, macet sekali,” ujarnya, Senin (15/9).

Walikota Jakarta Barat, Anas Effendi mengatakan, proyek pelebaran Jl Panjang mencapai sekitar 500 meter dengan lebar 10 meter. Terkait masalah rumah ibadah yang terancam digusur, pihaknya berjanji akan mencarikan solusi dan akan mempertemukan warga dengan pihak pengembang. Sebab, lahan tersebut merupakan fasilitas sosial (fasos) dan fasilitas umum (fasum) yang sudah diserahkan ke Pemprov DKI.

“Kalau ternyata pihak pengembang belum membayar ganti rugi warga, maka nanti kami akan meminta mereka untuk membayarnya,” jelasnya.

TOP