Puluhan IRT di Rusun Rawa Bebek Dilatih Membatik

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Jumat, 03 Maret 2017 13:19 WIB | Dibaca 7013 kali
Puluhan IRT di Rusun Rawa Bebek Dilatih Membatik (Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)

Puluhan ibu rumah tangga (IRT) warga Rumah Susun (Rusun) Rawa Bebek, Cakung, Jakarta Timur, ikut pelatihan membatik yang digelar Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Provinsi DKI Jakarta. Tidak hanya itu, mereka juga akan didampingi dan dibina menjadi pengrajin.

"Kita akan bantu pemasaran ke toko, desainer dan perusahaan "

Ketua Dekranasda DKI Jakarta, Veronica Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, setelah memiliki keterampilan, para ibu rumah tangga ini diharapkan memiliki penghasilan tambahan, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan hidup keluarga.

"Jangan karena pendidikan minim kita tidak bisa apa-apa. Kita (ibu rumah tangga,-red) harus punya keterampilan," ujarnya, Jumat (3/3).

Dijelaskan Vero, sebelumnya kegiatan serupa sudah dilaksanakan di sejumlah rusun seperti Rusun Marunda dan Pulogebang. Tidak hanya dilatih, para ibu di sana juga sudah memproduksi dan memasarkan produknya.

Untuk memasarkan produk mereka, Vero sudah menggandeng sejumlah desainer dan pengusaha. Dengan begitu, produksi warga rusun bisa dijual dengan harga yang layak.

"Jadi tidak hanya dijual ke kalangan orang dekat saja. Kita akan bantu pemasaran ke toko, desainer dan perusahaan," tandasnya.

TOP