Setu Babakan Diserbu Wisatawan

Reporter : Rio Sandiputra | Editor : Widodo Bogiarto | Rabu, 30 Juli 2014 16:30 WIB | Dibaca 4776 kali
(Foto : Rio Sandiputra / Beritajakarta.id)

Ribuan warga ibu kota memanfaatkan liburan Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriah dengan mengunjungi kawasan Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Wisatawan cukup membayar tiket masuk Rp 2.000 sudah bisa menikmati keindahan alam di areal rekreasi seluas 12 hektare tersebut.

" Saya mengajak anak-anak isi liburan saja, kan murah meriah. Di tempat ini kan ada cagar budaya Betawi yang bisa buat belajar dan udaranya tidak terlalu panas"

Dari pantauan beritajakarta.com, mayoritas pengunjung yang datang ke Setu Babakan merupakan rombongan keluarga. Selain bisa menikmati panorama alam, mereka juga bisa mencicipi beragam kuliner khas Betawi, seperti kerak telor atau bir pletok.

Para pengunjung sudah mulai memadati kawasan Setu Babakan sejak pagi hari. Mereka berdatangan menggunakan sepeda motor, mobil pribadi, bahkan angkot sewaan.

Chandra (45), salah seorang wisatawan asal Cipete Selatan mengatakan, dia datang bersama istri dan dua orang anaknya sengaja mengunjungi Setu Babakan untuk mengisi liburan Lebaran. Selain murah, tempat rekreasi ini bisa menjadi pembelajaran tentang budaya Betawi bagi anak-anaknya.

"Saya mengajak anak-anak isi liburan saja, kan murah meriah. Di tempat ini kan ada cagar budaya Betawi yang bisa buat belajar dan udaranya tidak terlalu panas," ujar Chandra, Rabu (30/7).

Di kawasan wisata ini, pengelola juga menyuguhkan sejumlah hiburan kesenian Betawi, seperti gambang kromong dan tari-tarian. Selain itu,  keindahan arsitektur rumah asli Betawi menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang beramai-ramai berfoto di depan rumah khas Betawi itu.

Pengelola PBB Setu Babakan, Indra Sutisna mengatakan, pengunjung meningkat kebanyakan datang bersama keluarga besar. Dan untuk menghibur pengunjung, pihaknya menggelar pertunjukan seni seperti parade tanjidor di sekeliling telaga dan pertunjukan seni lainya di pangung utama.

"Ya ada pertunjukan untuk menghibur, seperti tanjidor, gambang kromong dan kesenian Betawi lainnya. Pengunjung juga bisa menyewa sepeda air bebek-bebekan," ucap Indra.