252 Peserta Ikuti Lomba MTQ Tingkat DKI

Reporter : Nurito | Editor : Widodo Bogiarto | Selasa, 01 Desember 2015 17:30 WIB | Dibaca 3620 kali
252 Peserta Ikuti Lomba MTQ Tingkat DKI (Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXVI Tingkat DKI Jakarta, Selasa (1/12). Kegiatan yang berlangsung di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur ini diikuti oleh 252 peserta dari lima wilayah kota dan satu kabupaten.

"Kita optimis Jakarta dapat menjadi juara nasional MTQ 2016 "

Basuki menyebutkan, DKI Jakarta optimis dapat mempertahankan juara nasional di MTQ Tingkat Nasional di Nusa Tenggara Barat pada 2016 mendatang. Ia yakin karena seluruh kafilah asal DKI sangat berkualitas.

"Kita optimis Jakarta dapat menjadi juara nasional MTQ 2016. Namun yang terpenting adalah DKI tidak hanya juara umum MTQ namun bagaimana seluruh ajaran Islam ini dapat dicerna umat Islam. Sehingga umat Islam ini benar-benar rahmatan lilalamin," kata Basuki, usai membuka MTQ XXVI di Asrama Haji Pondok Gede.

Menurut Basuki, seluruh peserta MTQ Tingkat DKI ini sudah diseleksi secara ketat. Sebab mereka akan disiapkan untuk mengikuti lomba tingkat nasional di Nusa Tenggara Barat. Dipastikan tidak ada kafilah dari luar DKI. Seluru peserta merupakan warga DKI yang telah mengikuti Seleksi Tilawatil Quran ( STQ).

Sementara, Biro Pendidikan Mental dan Spiritual (Dikmental) DKI, Ahmad Gozali menambahkan, pelaksanaan MTQ mulai 1-4 Desember. Total peserta MTQ sebanyak 252 orang putra-putri. Selain itu ada 90 orang tim ofisial LPTQ wilayah dan 35 dari provinsi serta 750 tim pendukung.

"Cabang yang dilombakan meliputi tilawah, tahfidzh, tafsir. Kemudian Syarhil Al Quran, Fahmil Al Quran dan kaligrafi Al Quran. Selain itu ada Musabaqoh Makalah Al Quran," ujar Gozali.

TOP