Sampah di Saluran Air, Penyebab Banjir di Tambora

Reporter : Folmer | Editor : Budhy Tristanto | Kamis, 19 November 2015 21:55 WIB | Dibaca 2938 kali
(Foto : Reza Hapiz / Beritajakarta.id)

Wali Kota Jakarta Barat, Anas Efendi mengatakan, penyebab utama terjadinya banjir di kawasan Kecamatan Tambora adalah penumpukan sampah di saluran air.

"Semua penutup beton saluran air dibongkar untuk kita bersihkan sampah dan lumpur "

Dikatakan Anas, akibat banyak saluran yang tersumbat sampah dan endapan lumpur, beberapa wilayah kerap tergenang banjir saat hujan deras. Karena itu, Anas menginstruksikan petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) melakukan pengerukan lumpur dan membersihkan sampah di sejumlah saluran.   

"Sebenarnya sudah lama saluran air di Tambora belum diperbaiki. Sehingga saluran mengalami pendangkalan dan menyebabkan banjir," kata Anas, saat memimpin apel petugas PPSU se-Kecamatan Tambora, di Pasar Mitra Jembatan Lima Jalan KH Moh Mansyur, Kamis (19/11).

Ditegaskan Anas, semua penutup beton saluran air harus dibongkar agar bisa mempermudah proses pembersihan saluran air.

"Semua penutup beton saluran air dibongkar untuk kita bersihkan sampah dan lumpur. Air di saluran tidak boleh mampet," ujar Anas.

Usai memimpin Apel, Anas bersama pejabat di lingkungan Pemkot Administrasi Jakarta meninjau pelaksanaan pembersihan sampah di saluran sepanjang Jalan KH Moh Mansyur.