2 Kapal Kembali Beroperasi di Pulau Seribu

Reporter : Suparni | Editor : Dunih | Senin, 08 Juni 2015 16:17 WIB | Dibaca 3044 kali
2 Kapal Kembali Beroperasi di Pulau Seribu (Foto : / Beritajakarta.id)

Sebanyak dua kapal yang sebelumnya terkendala soal perizinan dan doking, kini sudah mulai beroperasi kembali dari Dermaga Kali Adem, Penjaringan, Jakarta Utara ke Pulau Seribu. Namun, masih ada 10 kapal lainnya yang masih diproses sehingga belum bisa beroperasi seluruhnya.

" Masih ada beberapa yang doking, jadi baru dua yang bisa beroperasi"

Kepala Unit Pengelola Angkutan Perairan dan Kepelabuhanan (UP APK), Syamsudin mengatakan, hingga saat ini masih ada beberapa kapal yang belum selesai doking. Akibatnya, baru dua kapal yang bisa dioperasikan yakni Kapal Kerapu untuk melayani rute Kali Adem ke Pulau Pramuka.

"Masih ada beberapa yang doking, jadi baru dua yang bisa beroperasi," jelasnya, Senin (8/6).

Sementara itu, Bupati Kepulauan Seribu, Tri Djoko Sri Margianto mengatakan, dengan semakin meningkatnya jumlah wisatawan, alat transportasi menjadi sangat vital. Jumlah dua kapal yang beroperasi saat ini, dinilai tidak cukup untuk mengangkut jumlah pengunjung yang bisa mencapai puluhan ribu orang.

"Seminggu bisa mencapai sepuluh hingga dua puluh ribu orang, mana mungkin cukup hanya dengan dua kapal angkut ," ungkapnya.

Terkait kapasitas angkut dan kebutuhan transportasi, Tri Djoko berencana akan menambah kapal meski harus menyewa kepada swasta. Dengan penambahan kapal itu, diharapkan geliat pariwisata di Pulau Seribu semakin meningkat karena dukungan transportasi yang memadai.

TOP